Current Issue

2019: Prosiding Full - GCA 2019
View All Issues

CALL FOR PAPER SEMINAR NASIONAL KE-4
GLOBAL COMPETITIVE ADVANTAGE (GCA) FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS (FEB), UNIVERSITAS BINA DARMA

Dengan Tema "GREEN BUSINESS MANAGEMENT, GREEN MARKET AND ENVIRONMENT RESPONSIBILITY"

A. Latar Belakang

Dalam beberapa periode waktu yang lalu, istilah global warming atau pemanasan global, menjadi kata yang sangat popular di kalangan pengusaha, pemerintah maupun masyarakat awam. Karena kata tersebut dapat mengancam kehidupan masyarakat dunia. Global warming muncul ketika CO2, Polusi udara dan rumah kaca meningkat sehingga dapat menyebabkan bumi menjadi lebih panas. Meningkatnya CO2, polusi udara dan efek rumah kaca dikarenakan meningkatnya proses produksi yang dilakukan perusahaan tanpa mempertimbangkan keseimbangan sumber daya yang digunakan dan juga lingkungan. Salah upaya untuk mengurangi global warming adalah dengan jalan melakukan perbaikan pada manajemen dan pasar melalui penerapan green management dan green market.
Gaung green market telah terdengar sejak beberapa tahun terakhir. Hampir semua orang mulai dari pimpinan negara sampai anak-anak, lembaga besar sampai organisasi kecilpun gencar menyuarakannya. Bagaimana menyelamatkan lingkungan, adalah tanggung jawab bersama. Fenomena ini menyentuh semua lapisan masyarakat dan institusi, karena menyangkut kehidupan selanjutnya umat manusia dan alam semesta beserta isinya.Salah satu model pendekatan untuk mengevaluasi komitmen suatu perusahaan terhadap tanggung jawab lingkungan adalah model nuansa hijau (shades of green). Perusahaan yang menggunakan pendekatan ini dapat dilihat melalui komitmennya dengan berbagai tingkatan kedalaman aktivitas yang dilakukannya.  p-ISSN dan e-ISSN prosiding seminar adalah 2686-4258 dan 2686-424X.


B. TemaTema kegiatan seminar Nasional ini adalah : 
"GREEN BUSINESS MANAGEMENT, GREEN MARKET AND ENVIRONMENT RESPONSIBILITY"


C. Tujuan

Seminar ini mempunyai tujuan sebagai berikut :
a. Menggali potensi teori manajemen yang dapat mendukung terciptanya pengurangan dampak negative lingkungan
b. Menggali potensi potensi pasar yang dapat mendukung terciptanya pengurangan dampak negative lingkungan dari aktivitas pasar
c. Menggali potensi investasi yang dapat mendukung terciptanya pengurangan dampak lingkungan dari investasi

D. Ruang Lingkup Seminar

Materi seminar yang dapat dipresentasikan pada seminar ini, tidak hanya mencakup topik-topik yang ada dibawah ini, sebagai berikut
1. Manajemen Keuangan
2. Manajemen Pemasaran
3. Manajemen Logistik
4. Manajemen Pariwisata
5. Manajemen Investasi
6. Manajemen Risiko
7. Prilaku Konsumen
8. Etika Bisnis
9. Packaging
10. Ekonomi Islam
11. Manajemen Islam

E. Keynote Speakers

1. Dr. Ir. Demitria Dewi Hendaryati, MMAgr. - (Tenaga Ahli Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian)
2. Dudi Arisandi, S.Si, M.B.A. -  (Chief People Officer Tiket.com)
3. Dr. Ir. Jos Andy T., M.M. - (Expertise Industri Kemas Kaleng dan Industri Pengemasan Produk Dalam Kaleng)  

F. Peserta

Peserta Seminar Nasional ini terbuka umum untuk mahasiswa S1, S2 dan S3 serta Dosen dan Praktisi.

G. Manfaat Peserta

a. Prosiding ber ISBN / ISSN soft copy dan website
b. Sertifikat seminar
c. Konsumsi
d. Seminar Kits.