PERANAN ROOM ATTENDANT PADA OPERASIONAL PELAYANAN HOUSEKEEPING DEPARTMENT DI WYNDHAM OPI HOTEL PALEMBANG

  • Wendy Liana Universitas Bina Darma
  • Oh Chemu Universitas Bina Darma
Keywords: Pelayanan Operasional, Tata Graha, Pembantu

Abstract

Tanda dari hotel yang benar-benar terkemuka adalah layanannya. Apa layanannya? Meskipun ada banyak definisi kata, kami percaya bahwa itu adalah "proses melakukan sesuatu untuk seseorang". Layanan adalah tindakan menangani suatu tugas. Ini adalah barang tak berwujud yang dimiliki industri tertentu, termasuk industri perhotelan. Layanan kebersihan atau departemen tata graha bertanggung jawab atas kebersihan dan ketertiban di hotel. Tergantung pada status hotel, pembersihan kamar dapat dilakukan sekali atau beberapa kali sehari. Sebuah hotel tidak akan berjalan mulus tanpa orang yang tepat dan sumber daya yang tepat di departemen yang tepat. Departemen tata graha adalah salah satu layanan hotel yang diatur secara ketat. Setiap positon memiliki instruksi yang jelas. Personil departemen tata graha termasuk pembantu, kepala departemen tata graha, pengawas dan pembantu senior.

References

[1] Rumekso, 2001. Housekeeping Hotel. Yogyakarta : Andi.
[2] Sulastiyono, Agus. 2011. Manajemen Penyelenggara Hotel. Bandung: Alfabeta.
[3] Rumekso, 2002. Housekeeping Hotel, Yoghyakarta : Andi.
[4] Sulastiyono, Agus. 1994. Teknik dan prosedur divisi kamar pada bidang hotel. Yogyakarta: Andi.
[5] Nawar, Agus. 2000. Operasional Tata Graha. Jakarta: PT Gramedia.
[6] Moh, Nazir, 2003. Motode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
[7] Sutrisno, Hadi, 2001. Metodologi Reseach. Yogyakarta: Andi Offset.
[8] Nawawi, Hadari. 1998. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.
[9] Fandy, Tjiptono. 2004. Service, Quality and Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
[10] Wijaya Tony, 2011. Manajement Kualitas Jasa. Jakarta: PT Indeks
Published
2020-03-17
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis