Koordinasi Kerja Food and Beverage Service dengan Product dalam Operasional Breakfast Hotel Princess Palembang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana kerja sama dalam operasional sarapan antara bagian food and beverage service dengan food and beverage product di Hotel Princess Palembang memengaruhi kepuasan tamu saat sarapan. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendalami situasi yang terjadi di lapangan dengan lebih baik. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh secara langsung melalui observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen dari sumber data utama di lokasi penelitian. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa koordinasi kerja antara food and beverage product dan food and beverage service di Hotel Princess Palembang dalam pelaksanaan sarapan berjalan dengan baik dan terkendali, meskipun karyawan terbatas setelah masa pandemi covid-19. Namun masih bisa ditangani dengan baik oleh karyawan food and beverage department karena telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup baik dalam segi komunikasi, kekompakan, disipin dan pembagian kerja. Keputusan penyajian breakfast dilihat dari jumlah kamar yang mendapat sarapan, jika lebih dari 14 kamar yang mendapat sarapan maka penyajian breakfast secara buffet, sedangkan jika kurang dari 14 kamar maka penyajian secara ala carte.