ANALISIS KINERJA KEUANGAN TERHADAP KEPERCAYAAN INVESTOR MASA PANDEMI COVID-19 PADA PT. BANK MANDIRI TBK

  • Revido Rezviransyah Binu Universitas Bina Darma
  • Wiwin Agustian Universitas Bina Darma
Keywords: Hutang, Aktiva, Pengembalian, Rasio

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Debt Asset Ratio, Debt Equity Ratio, Return on Assets, Return on Equity Ratio dan Net Profit Margin NPM terhadap Keyakinan Investor Selama Pandemi Covid-19 Di PT Bank Mandiri Tbk, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang tidak menggunakan perhitungan atau disebut penelitian ilmiah yang menekankan sifat sumber data. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Debt to Total Asset Ratio menunjukkan nilai yang kecil yang berarti semakin kecil porsi hutang dibandingkan dengan aset, Debt to Equity Ratio dari data yang ada menunjukkan bahwa setiap tahun mengalami penurunan yang menjelaskan kondisi baik, karena menunjukkan porsi hutang yang besar. kecil. perusahaan, Rasio Pengembalian Aset memiliki nilai di atas 1,5%, hal ini menjelaskan kondisi perusahaan sangat baik karena mampu mendapatkan keuntungan dari aset yang digunakan. Rasio Return on Equity berdasarkan indikator, rasio Return on Equity Bank Mandiri masih dalam kategori baik. Dengan ini diharapkan investor tetap memiliki kepercayaan yang tinggi untuk berinvestasi. Rasio Net Profit Margin pada PT Bank Mandiri Tbk sangat baik karena nilai Net Profit Margin selama 5 tahun berturut-turut merupakan nilai yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan nilai standar yang ditetapkan hanya sebesar 5%. Karena bagi investor hal ini sangat penting untuk berinvestasi.

References

[1] M. H. Rifa’i, Junaidi, and A. F. K. Sari, “Pengaruh kinerja keuangan terhadap kepercayaan investr di masa pandemi covid-19,” E-Jra, vol. 09, no. 02, pp. 47–57, 2020.
[2] RONA TUMIUR MAULI CAROLIN SIMORANGKIR, “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham Perusahaan Pertambangan,” J. Bisnis dan Akunt., vol. 21, no. 2, pp. 155–164, 2019, doi: 10.34208/jba.v21i2.616.
[3] M. I. RaFi, A. Nopiyanti, and A. A. S. Mashuri, “Pengaruh kinerja keuangan, kebijakan dividen dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan,” J. KORELASI. Konf. Ris. Nas. Ekon. Manajemen, dan Akunt., vol. 2, pp. 270–284, 2021.
[4] F. E. Daromes and R. Jao, “Dewan Direksi Terhadap Reaksi Investor Mediation Role of Financial Performance on the Effect of,” J. Akunt., vol. 10, no. 1, pp. 77–92, 2020.
[5] I. K. S. Wardifa and M. D. Yanthi, “Kontribusi Intellectual Capital Terhadap Kinerja Keuangan, Nilai Perusahaan dan Harga Saham,” J. Akunt. Unesa, vol. 11, no. 1, pp. 11–24, 2022, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/akunesa/index
[6] F. Mumtazah and A. Purwanto, “Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Pengungkapan Lingkungan Terhadap Nilai Perusahaan,” Diponegoro J. Account., vol. 9, no. 2, pp. 1–11, 2020, [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
[7] H. Vidya Putri and I. K. Budiartha, “Pengaruh Profitabilitas, Rasio Resiko Bank, dan Kualitas Aktiva Produktif Terhadap Kepercayaan Investor,” E-Jurnal Akunt., vol. 28, no. 3, p. 2035, 2019, doi: 10.24843/eja.2019.v28.i03.p25.
Published
2023-07-24
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis