PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PIUTANG PADA KANTOR PERUMNAS PROYEK SUMATERA SELATAN

  • Rizal Muhamad Fauzi Universitas Bina Darma
  • Merry Agustina Universitas Bina Darma
Keywords: KUM, Sistem, KLT, Proyek

Abstract

Perumnas Proyek Sumatera Selatan yang bergerak dalam bidang penyedia perumahan dan pemukiman bagi masyarakat. Dalam kegiatannya, Perumnas menjual dengan dua cara yaitu penjualan kredit dan penjualan tunai, adapun dalam mengelola laporan keuangan khususnya dalam piutang dagang atas kekurangan uang muka (KUM) & kelebihan luas tanah (KLT) untuk prosess pembuatan laporannya menggunakan Microsoft Excel yang diinput secara manual. Dan itu pun, akan memakan waktu yang relatif lama untuk menyelesaikan laporannya. Dalam penelitian ini penulis membuat sebuah aplikasi untuk merancang suatu system menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai penyimpanan datanya. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengelola piutang dan membuat laporan piutang usaha di Perum Perumnas Proyek Sumatera Selatan.

References

L. Hakim and Mustaqiem, “Sistem Informasi Penilaian Kinerja Guru Pada Sma Negeri 2 Sampit Berbasis Desktop,” J. Penelit. Dosen FIKOM, vol. 5, no. 2, pp. 1–6, 2016.

C. A. Aprillia, E. S. Astuti, and R. Y. Dewantara, “Analisis Sistem Informasi Reservasi Hotel,” J. Adm. Bisnis, vol. 44, no. 1, pp. 111–117, 2017.

Ismai, “Pengembangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Dan Penerimaan Kas Berbasis Komputer Pada Perusahaan Kecil (Studi Kasus Pada PT. Trust Technology),” J. Manaj. dan Bisnis Sriwij., vol. 12, no. 1, pp. 17–28, 2014.

D. P. Sari, “Analisis Sistem Informasi Akuntansi Peneriman Dan Pengeluaran Kas Pada Pam Tirta Mangkaluku Kota Palopo,” J. Inf., vol. 10, no. 3, pp. 1–16, 2021.

M. A. Saputra, “Sistem Pengendalian Internal Berdasarkan COSO Framework Pada Perusahaan Konstruksi,” vol. 6, no. 1, pp. 197–210, 2023.

Published
2023-07-15
Section
Artikel Ilmu Komputer