PERAN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN PENYULUHAN KELOMPOK TANI HUTAN PADA UPTD KPH WILAYAH III

  • Nabila Safira Universitas Bina Darma
  • Trisninawati Trisninawati Universitas Bina Darma
Keywords: Peran, Komunikasi, UPTD, Palembang, Banyuasin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Evaluasi Pencapaian Peran komunikasi efektif dalam meningkatkan penyuluhan Kelompok Tani Hutan pada UPTD KPH Wilayah III Palembang-Banyuasin. Metodologi kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif eksplanasi. Responden mengisi kuesioner untuk mengumpulkan data atau informasi. Penelitian ini juga mengacu pada buku, aturan, dokumen, jurnal, dan literatur lain yang dianggap penting untuk penelitian ini selain data yang dikumpulkan melalui pengiriman kuesioner kepada responden. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi kuesioner, observasi, serta dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Peran komunikasi efektif dalam meningkatkan penyuluhan Kelompok Tani Hutan pada UPTD KPH Wilayah III  Palembang-Banyuasin sudah dilaksanakan dengan baik, sebagai berikut 1) Kejujuran berkomunikasi 2) Bertanggung jawab 3) Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti 4) Terlibat aktif dan ekspresif 5) Fokus 6) Berbicara dengan jelas 7) Berbicara dengan spontan 8) Berbicara dengan provisional 9) Bersikap positif 10)Menerima perbedaan pendapat.

References

N. F. P. Management, G. M. Wanabakti, J. G. Subroto, and A. L. Belakang, “( Empowerment Quality Improvement of Forest Farmer Groups in,” vol. 18, no. 1, pp. 15–25, 2021.

Y. S. Ariza et al., “Penyuluhan Konservasi Sumber Daya Hutan melalui Skema Hutan Kemasyarakatan (HKm) Extension on Forest Resources Conservation through Community Forest Scheme (HKm) positif maupun dampak negatif terhadap prilaku masyarakat dalam mengelola itu sendiri . Bagi Provinsi Lampung , Hkm diharapkan dapat mencegah,” vol. 2, no. 1, pp. 1–13, 2023.

D. M. Sari, “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Tani Hutan Di Desa Payung Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka,” 2015.

A. Fatchiya, A. Sulistiawati, B. Setiawan, and R. Damanik, “Peran Penyuluhan Keluarga Berencana dalam Meningkatkan Pengetahuan KB pada Pasangan Usia Subur (PUS) Kelompok Masyarakat Miskin The Role of Family Planning Extension to Raise of Knowledge in Fertile-aged Couples of the Poor Community,” vol. 17, no. 01, pp. 60–71, 2021.

M. R. Ramadhan, I. Novianto, and A. Pamungkas, “Proses Komunikasi Melalui Pembelajaran Daring Pada Jurusan Teknik Elektro Telkom University Semasa Covid-19 Communication Process Through Online Learning At Electrical Engineering Department Telkom University During Covid-19,” vol. 8, no. 4, pp. 4090–4096, 2021.

M. Amiruddin, “Pola Komunikasi Driver Ojek Online Grabbike pada Pelayanan Customer di Kota Malang,” vol. 03, no. 02, pp. 26–49, 2019.

S.-P. Jasmani and F. I. Keolahragaan, “Keterampilan Bermain Bola Voli Fandy Anugrah Pamungkas, Sapto Wibowo”.

A. Malik, “Hambatan Komunikasi dalam Perkuliahan Daring pada Masa,” vol. 9, no. 2, pp. 78–84, 2021, doi: 10.30656/lontar.v9i2.4037.

Published
2023-07-13
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis