TINGKAT PELAYANAN KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN KEPADA ANGGOTA KELOMPOK TANI HUTAN DESA SUNGSANG III BANYUASIN

  • Ayu Lestari Universitas Bina Darma
  • Trisninawati Trisninawati Universitas Bina Darma
Keywords: Pelayanan, Publik, Kualitas, KPH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pelayanan yang diberikan oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dalam kegiatan pendampingan membuat usulan pengelolaan perhutanan sosial yang diteliti pada anggota Kelompok Tani Hutan (KTH) di Desa Sungsang III Kabupaten Banyuasin dengan jumlah populasi dan sampel 86 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pengumpulan data primer dan data sekunder, data primer terdiri dari wawancara dan kuesioner sedangkan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari dokumen yang ada. Untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan KPH peneliti menggunakan lima dimensi yaitu tangibles (ketampakan fisik), reliability (reliabilitas), responsiveness (responsivitas), assurance (kepastian), dan emphaty (empati). Hasil yang didapat adalah kualitas pelayanan yang diberikan oleh KPH terhadap KTH di Desa Sungsang III sudah baik, namun perlu ditingkatkan lagi agar kegiatan pendampingan membuat usulan perhutanan sosial dapat lebih terealisasi dan terarah.

References

Ratminto and A. Septi Winarsih, Manajemen Pelayanan , 12th ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

C. Cesariana, F. Juliansyah, and R. Fitriyani, “Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 211–224, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i1.867.

A. Purwanti and R. Wahdiniwaty, “Analisis Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kewajaran Harga Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cinderella School of English For Children Di Bandung,” J. Ilm. Magister Manaj., vol. 3, Apr. 2017.

D. Indrajaya, “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index pada UKM Gallery,” J. IKRA-ITH Teknol., vol. 2, no. 3, pp. 1–6, 2018.

I. Ketut Swarjana, Populasi-Sampel, Teknik Sampling & Bias Dalam Penelitian, 1st ed. Yogyakarta: Cv Andi Offset, 2022.

H. Wijoyo, “Implementasi Mett Ā Sutta Terhadap Metode Pembelajaran Di,” ilmu agama dan Pendidik. agama Buddha, vol. 2, no. March, pp. 1–13, 2020.

Published
2023-07-16
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis