APLIKASI PERMOHONAN EMAIL RESMI UNTUK URUSAN DINAS BAGI ASN DISELURUH WILAYAH KOMINFO PROVINSI SUMSEL

  • Ahmad Oktareza Universitas Bina Darma
  • Helda Yudiastuti Universitas Bina Darma
Keywords: Aplikasi, Email Resmi, PNSMail

Abstract

PNSMail saat ini digunakan sebagai surel dalam berkirim dan menerima suatu surat elektronik agar diketahui bahwa surat tersebut dikirim dan diterima oleh pihak yang tepat. Diskominfo saat ini mencoba menerapkan sistem keamanan data ASN dalam hal teknologi informasi karena sudah banyak pembobolan data melalui situs website yang tidak resmi akan tetapi permohonan email yang akan digunakan tersebut masih dikirim melalui googlemail. Dalam hal ini ketika seorang ASN akan mengajukan permohonan Email resmi masih dilakukan secara manual dengan datang ke kantor Diskominfo Provinsi Sumsel mengisi lembaran blangko kemudian mengirim surat berserta kelengkapan dokumen Asli seperti Surat Keterangan Pegawai dan Kartu Pegawai di bagian pengembangan ekosistem E-Goverment di Diskominfo Provinsi Sumatera Selatan, Kemudian ASN harus menunggu tiga sampai lima hari untuk mendapatkan email resmi yang akan diterima melalui googlemail, dalam segi kecepatan dan efisiensi cara tersebut dianggap memiliki kendala dalam hal jarak dan waktu karena tidak semua ASN bisa datang langsung ke kantor Diskominfo Provinsi Sumsel. Dan juga bagi yang mengolah data pemohon permohonan email resmi memiliki kesulitan dalam hal memverifikasi karena tidak terstuktur secara online. Dengan latar tersebut penulis mencoba membuat suatu perancangan aplikasi dengan database terstruktur dengan menggunakan aplikasi Visual Studio Code dan framework PHP Codeigniter 3. Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall. dengan dimulai dari analisis, desain, pembuatan kode program, dan yang terakhir pengujian Perancangan Aplikasi ini juga diharap mampu memudahkan dalam mengisi form permohonan email resmi dan mengelola suatu data permohonan email resmi.

References

E. S. Anista Yulia Ratnawati, Edy Susena, “Analisis dan Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Sragen,” J. Sainstech Politek. Indonusa Surakarta, vol. 6, pp. 1–8, 2019.

B. Manengal, J. A. F. Kalangi, and A. Y. Punuindoong, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Bengkel Motor Ando Tombatu,” Productivity, vol. 2, no. 1, pp. 42–46, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32285

A. M. I. Pratama and U. Chotijah, “Sistem Informasi Kasir Unit Pelayanan Jasa SMKN 1 Cerme Berbasis Website Dengan Metode Waterfall,” J. Ilm. Ilk. - Ilmu Komput. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 60–67, 2022, doi: 10.47324/ilkominfo.v5i2.149.

S. Tari, F. Idifitriani, and N. Dery Sofya, “Rekayasa Perangkat Lunak Crowfunding Basiru Menggunakan Pemrograman Php Dan Freamwork Codeigniter,” J. Inform. Teknol. dan Sains, vol. 4, no. 1, pp. 15–20, 2022, doi: 10.51401/jinteks.v4i1.1339.

B. Magdalena and V. De Yusa, “Pengembangan E-Commerce Dan Inovasi Produk Pisang Menjadi Stick Pisang Pekon Yogyakarta Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu,” Publika Pengabdi. Masy., vol. 1, no. 1, pp. 8–20, 2019.

Published
2023-07-12
Section
Artikel Ilmu Komputer