APLIKASI PENGUNJUNG KANTOR INSPEKTORAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

  • Yudha Prasetya Sy Universitas Bina Darma
  • Baibul Tujni Universitas Bina Darma
Keywords: Pengunjung, Web, Inspektorat

Abstract

Teknologi informasi berkembang dengan sangat cepat sehingga dapat meningkatkan suatu efesiensi dalam pekerjaan yang sangat sulit diilakukan. Teknologi dalam pengelolahan data akan lebih baik jika dapat memanfaatkan teknologi informasi sehingga dapat mencerminkan suatu perusahaan ataupun instansi dapat bekerja dengan baik dan efisien. Salah satu nya aplikasi pengujung pada kantor Inspektorat provinsi Sumatera Selatan yang saat ini dalam melakukan pengelolahan data pengunjung masih menggunakan manual boo. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya perbaikan dalam pengelolahan data pengunjung seperti menggunakan teknologi berbasis web. Penelitian ini akan menghasilkan aplikasi pengelolahan data pengujung berbasis website yang dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP dan RMDS MySQL. Dalam mengembangkan aplikasi pengunjung kantor Inspektorat provinsi Sumatera Selatan ini menggunkan metode penelitian waterfall. Flowchart dan Unifield Modelling Langgunage digunakan untuk melakukan perancangan aplikasi dengan menggunakan activity diagram, use case diagram, class diagram.

References

Agustini, N.K.D.A. 2017. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli di Online Shop Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Angkatan Tahun 2012. E-journal Jurusan Pendidikan Ekonomi, Volume.,9, Nomor 1.

Anggraeni, E. Y. & Irviani, R., 2017. Pengantar Sistem Informasi. 1 penyunt. Yogyakarta: Andi.

Sitohang, Hengki Tamando. 2018. Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan. Jurnal Informasi Pelita Nusantara Vol.3 No.1-Maret 2018 ISSN: 2541-3724.

Marlinda. L. 2004. Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi Offset.

Hasbiyalloh. M dan Ahmad. D (2018). Aplikasi Penjualan Barang Perlengkapan Handphone di Zildan Cell Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Jakarta. JUMANTAKA Vol 1 No. 1 (2018) PISSN: 2613-9138 – EISSN: 2613-9146.

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F. & Rahmadi, H., 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan.

Sumarto, Rumsari Hadi dan Lukas Dwiantara. (2000). Sekretaris Professional. Yogyakarta. Kanisius.

A. S., Rosa dan Shalahuddin, M. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika. Hlm. 26, 30-34, 38-39, 117-118.

Suendri. (2018). Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan). Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika,

Indrajani. 2011. Perancangan Basis Data dalam All in 1. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Published
2023-05-05
Section
Artikel Ilmu Komputer