SISTEM INFORMASI PENGAJUAN PEMBUATAN KARTU KELUARGA BERBASIS WEB KANTOR CAMAT ILIR BARAT II PALEMBANG

  • Aqlani Massa Universitas Bina Darma
  • Vivi Sahvitri Universitas Bina Darma
Keywords: Kartu Keluarga, Pengajuan, Kantor Camat

Abstract

Kantor Camat Ilir Barat II Kota Palembang mengelola data administrasi permohonan kartu keluarga yaitu masih ditangani dengan cara manual. Awalnya masyarakat yang ingin membuat permohonan harus mendatangi Kantor Camat Ilir Barat II Kota Palembang dengan membawa seluruh persyaratan yang dibutuhkan namun karena kurang jelasnya informasi yang diperoleh terkadang masyarakat harus kembali pulang untuk melengkapi persyaratan yang kurang. Setelah persyaratan lengkap masyarakat yang ingin membuat permohonan harus mengisi datanya sendiri di buku besar sehingga terjadi resiko kesalahan dalam penulisan yaitu ketika tulisan yang ditulis tidak terbaca oleh pegawai akan menyulitkan dan memperlambat proses penambahan data atau penginputan data pada komputer yang masih menggunakan aplikasi pengolah kata (microsoft word) yang menyebabkan proses semakin lama. Oleh karena itu perlu adanya sistem informasi berbasis web untuk mengolah data-data tersebut. Dengan adanya aplikasi melalui website ini diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi pelayanan pembuatan Kartu Keluarga di Kantor Camat Ilir Barat II Kota Palembang dan masyarakat juga tidak memerlukan banyak berkas dalam membuat kartu keluarga.

References

D. Sunyoto, “Sistem informasi manajemen,” Pus. Pendidik. dan Latih. Pengawas. Badan Pengawas. Keuang. dan Pembang., no. 2, p. 228, 2001.

F. Supandi, W. Desta P, Y. Ambar S, and M. Sudir, “Analisis Resiko Pada Pengembangan Perangkat Lunak Yang Menggunakan Metode Waterfall Dan Prototyping,” Pros. Semin. Nas. Din. Inform. 2018 (Senadi 2018), vol. 2, no. 1, pp. 83–86, 2019, [Online]. Available: http://prosiding.senadi.upy.ac.id/index.php/senadi/article/view/86

A. Mubarak, “Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan Uml (Unified Modeling Language) Dan Bahasa Pemrograman Php (Php Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2019, doi: 10.33387/jiko.v2i1.1052.

H. T. Sitohang, “Sistem Informasi Pengagendaan Surat Berbasis Web Pada Pengadilan Tinggi Medan,” vol. 3, no. 1, pp. 6–9, 2019, doi: 10.31227/osf.io/bhj5q.

A. Voutama, “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 11, no. 1, pp. 102–111, 2022, doi: 10.34010/komputika.v11i1.4677.

Published
2023-07-15
Section
Artikel Ilmu Komputer