SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN PRODUK HERBALIFE MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES

  • Yusriel Ardian Politeknik Unisma Malang
Keywords: Data Mining, Sistem Pendukung Keputusan, Naive Bayes, Herbalife

Abstract

Data mining adalah teknik yang memanfaatkan data dalam jumlah yang besar untuk memperoleh informasi berharga yang sebelumnya tidak diketahui dan dapat dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan penting. Pada penelitian ini, penulis berusaha menambang data analisa tubuh dari pelanggan herbalife. Herbalife merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan berat badan terutama produk turun berat badan. Data analisa tubuh pelanggan yang ada akan diolah menggunakan algoritma Naïve Bayes. Naïve Bayes  merupakan salah satu metode pada probabilistic reasoning. Algoritma Naïve Bayes bertujuan untuk melakukan klasifikasi data pada kelas tertentu, kemudian pola tersebut dapat digunakan untuk memperkirakan keputusan penentuan produk herbalife yang akan dipakai oleh pelanggan, sehingga pelanggan bisa mengambil keputusan penentuan produk herbalife secara tepat dan cepat.

References

S. Wiji dan A. Yusriel, “Konsep Penilaian Kinerja Tenaga Pendidik Dan Edukatif Berdasarkan Dp3 Menggunakan AHP Malang”, SESSINDO, 2014.

E. Prasetyo, “Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan Matlab”, Yogyakarta: Andi, 2012.

A. Yusriel, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Reproduksi Pada Wanita Menggunakan Metode Naive Bayes”, Bimasakti, 2014.

H. Annur, "Klasifikasi Masyarakat Miskin Menggunakan Metode Naive Bayes", ILKOM Jurnal Ilmiah 10.2, 160-165, 2018.

M. Ridwan, Hadi. Suyono dan M. Sarosa, "Penerapan Data Mining Untuk Evaluasi Kinerja Akademik Mahasiswa Menggunakan Algoritma Naive Bayes Classifier", Jurnal EECCIS 7.1, pp-59, 2013.

Published
2022-01-23
Section
Artikel Ilmu Komputer