PENGELOLAAN ARSIP DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK KECAMATAN GELUMBANG

  • Nadia Dwi Insani Universitas Bina Darma
  • Dina Mellita Universitas Bina Darma
Keywords: Sistem Kearsipan, Pelayanan, Kantor Camat Gelumbang

Abstract

Kantor Camat Gelumbang yang merupakan salah satu kantor pelayanan publik yang ada di kecamatan Gelumbang yang berkaitan erat dengan kearsipan. Kantor Camat Gelumbang setiap harinya melayani berbagai macam pelayanan umum seperti pembuatan E-KTP, pengantar SKCK, pembuatan surat SKBD dan lain sebagainya. Masalah terhambatnya pelayanan kerja dan pengelolaan sistem kearsipan yang ada di Kantor Camat Gelumbang akhir ini menjadi masalah besar terlebih dimasa pandemi covid-19 in. Wawacara dilakukan di Kepala Seksi pemberdayaan dan pembangunan di Kantor Camat Gelumbang. Berdasarkan hasil penelitian penulis di Kantor Camat Gelumbang penulis menemukan bahwa sistem pengolaan arsip yang ada di Kantor Camat Gelumbang belum cukup maksimal. Proses penyimpanan arsip yang ada di Kantor Camat Gelumbang yaitu : pemeriksaan, mengindeks, memberi tanda, menyortir, lalu kemudian menyimpan.

References

B. Barthos, 2013, Manajemen Kearsipan, Jakarta: Bumi Aksara.

Sedarmayanti, 2008, Tata Kearsipan dengan Memanfaatkan Teknologi Modern, Bandung: Mandar Maju.

Kasmir, 2017, Customer Service Excellent, Depok: PT Raja Grafindo Persada.

F. Tjiptono, G. Chandra, 2016, Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Andi.

F. Tjiptono, 2014, Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian), Yogyakarta: Andi.

Hardiyansyah, 2011, Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya, Yogyakarta: Gava Media.

Sedarmayanti, 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil, Bandung: PT Refika Aditama.

Sedarmayanti, 2011, Tata Kerja dan Produktivitas Kerja: Suatu Tinjauan dari Aspek Ergonomi atau Kaitan Antara Manusia dengan Lingkungan Kerjanya, Cetakan Ketiga, Bandung: Mandar Maju.

Published
2022-07-17
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis