ANALISA MONITORING SNIFFING PAKET DATA JARINGAN LOKAL PADA DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA PRABUMULIH

  • Ranti Wulandari Universitas Bina Darma
  • Tamsir ` Ariyadi Universitas Bina Darma
Keywords: Wireshark, Sniffing, Paket Data

Abstract

Di dalam jaringan banyak terdapat  jenis-jenis paket data dan masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda dan saling berkaitan, yang mengandung informasi seperti password, username, alamat sebuah situs, internet protokol (IP), Adapun masalah pada jaringan internet yang ada pada Dinas Komunikasi dan Informatika belum adanya monitoring dan aktifitas user yang memungkinkan kebebasan untuk mengakses internet tidak menutupi bagi seseorang dapat mengakses konten-konten yang bersifat negatif yang berada di internet. Dalam menjawab Permasalahan yang ditemukan, tugas akhir ini bertujuan untuk melihat tingkat keamanan jaringan yang melintas pada internet dan adapun hasil monitoring meliputi capture paket data yang difilter, difokus kan  menangkap packet data protokol http yang berisikan data post yang tedapat informasi mengenai akses browser yang sedang terhubung pada jaringan internet. Melakukan percobaan sniffing dengan menggunakan aplikasi wireshark guna untuk mendapatkan informasi mengenai aktifitas yang sedang terjadi pada http seperti melihat akses web yang terhubung pada internet. Hasil dari tugas akhir ini adalah dapat disimpulkan, sangat memudahkan dalam melakukan proses Capture paket data secara real time melalui sebuah network interface, bisa menampilkan informasi-informasi yang sangat detail yang melintas pada protokol http, hasil dari informasi sangat penting dan bisa melihat. IP Adress, username, password. Serta informasi akses browser menggunakan wireshark.   

References

R. S. Didi, “Implementasi dan Analisis Jaringan menggunakan Wireshark, Chain and Tabels, Network Minner” Candikia, Vol. XVI , 2018, 120-125,.

S. H. Yopi, “Analisa Monitoring Lalu Lintas Paket Data pada Jaringan Lokal, Snit, 2011, 296-303.

R. Primartha, Manajemen Jaringan Komputer, Bandung, 2019.

I. Sofana, Jaringan Komputer berbasis Mikrotik, Bandung, 2017.

M. Angga, “Analisis Keamanan Jaringan dari Serangan Paket Data Sniffing di PT. Raden Syaid Kantor Pos Piayu Kota Batam, Comasie, Vol.03, No.05, 2020, 107-108.

A. Mahmud, Sniffing Jaringan menggunakan Wireshark, Jaringan Komputer, 2019, 1-4.

H. Rahma, “Analisa Pencegahan Aktifitas Ilegal didalam Jaringan dengan Wireshark”, Journal, Vol.4, No. 1, 2020, 11-23.

Published
2022-01-30
Section
Artikel Ilmu Komputer