KUALITAS PELAYANAN ROOM ATTENDANT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI BINA DARMA HOTEL

  • Wiwin Agustian Universitas Bina Darma
  • Yudi Pranata Universitas Bina Darma
Keywords: Room attendant, Kualitas pelayanan, Kepuasan pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelskan tentang peranan Room attendant  Departement dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan Room attendant terhadap tingkat kepuasan Pelanggan di Bina Barma Hotel Palembang. Rumusan masalah berdasarkan latar belakang  di atas bahwa Room attendant mempunyai peran penting terhadap dalam kebersihan kamar tamu dan pelayanan terhadap tamu untuk kelancaran operasional Hotel, maka dapat dapat di rumuskan 1) Peranan Room attendant departement di Bina Darma Hotel Palembang. 2) Standart operasional prosedur Room attendant Departement di Bina Darma hotel palembang. 3) Cara pelayanan kepada tamu oleh Room attendant di Bina Darma Hotel Palembang. 4) Upaya unuk meningkatkan pelayanan kepada tamu oleh Room attendant di Bina Darma Hotel Palembang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam laporan ini adalah Observasi, Wawancara langsung ke hotel, Sehingga diperoleh data-data yang akurat mengenai peranan dan kualitas pelayanan terhadap para tamu di Hotel. Hasil penelitian ini yang dapat diperoleh dari penelitian adalah Room attendant merupakan peran penting terhadap tingkat tingkat hunian kamar dan tingkat kepuasan tamu di Bina Darma Hotel Palembang.

References

[1] D. d. Mudiono, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta dan Depdikbud, 2002.
[2] R. d. Saksono, Hotel Customer Service, Jakarta: Alfabeta, 2006, p. 15.
[3] A. Sulistiono, Manajemen Penyelengaraan Hotel : Manajemen Hotel, Bandung: Alfabeta, 2011.
Published
2020-08-22
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis