PERANAN VIRTUAL HOTEL OPERATOR (VHO) UNTUK MENINGKATKAN OKUPANSI HOTEL NON BINTANG DI NEW CARRISSIMA HOTEL PALEMBANG
Abstract
Kota Palembang berkembang pesat dalam sepuluh tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh virtual hotel operator terhadap tingkat hunian di Palembang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan data sekunder mengenai tingkat okupansi di New Carrissima Hotel Palembang. Metode analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Saat ini, kita dapat menemukan banyak Virtual Hotel Operator. VHO mencoba untuk mengakomodasi permintaan pasar saat ini. Penelitian ini akan berfokus pada salah satu akomodasi yang ditawarkan oleh VHO yakni hotel. VHO membuat sistem yang efektif dan efisien. Temuan dari penelitian ini adalah VHO akan positif dan signifikan terhadap tingkat okupansi. Perbedaan posisi persaingan akan mempengaruhi strategi pemasaran yang digunakan dalam bersaing dengan para pesaingnya. Hotel Non Bintang memberi bersih, nyaman, aman dengan harga terjangkau. VHO memiliki peran besar dalam Hotel Non Bintang dan menjual kamar yang berbasis online. Hotel Non Bintang mempunyai pelayanan dan fasilitas yang sederhana.
References
Kotler, Marketing Management. Elevent Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc. Alih Bahasa oleh Benyamin Molan, 2005, Jakarta: Index p.159, 2003.
I Putu Agus Eka Pratama, E-Commerce, E-Business, dan Mobile Commerce. Bandung: Informatika. p.111, 2015.
Rayport, JF dan Jaworski, BJ, E-Commerce. McGraw-Hill: Irwin Market spaceU, p.3, 2001.
Sulastiyono, Agus. Manajemen Penyelenggara Hotel. Bandung: Alfabeta, p.5, 2011
Rahayu. Sri, Pengaruh Harga Jual Kamar Terhadap Nilai Penjualan pada Hotel Sahid di Bandar Lampung, Jurnal Manajemen dan Bisnis, No.2, Vol, p.193, 2011.
Ali. Hasan, Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. CAPS: Yogyakarta. p. 210, 2014
Kaplanidou, Destination branding: concept and measurement, p.3, 2003. http://Experiencewashington.com
Gozzali, Sherly dan Kristani, Monika, Faktor-Faktor yang Mendorong Masyarakat Surabaya dalam Melakukan Reservasi Hotel Secara Online. Jernal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol 1, Nomor 2, 2013.
Tjiptono, Manajement Pemasaran dan Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE, p.121, 219, 2001.
Candra, Ahmadi dan Dadang, Hermawan, E-BUSINESS & E-COMMERCE. Yogyakarta: Andi, p.7, 2013.