VIDEO ANIMASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TROUBLESHOOTING KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO

  • Nur Widiyanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Jan Wantoro Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: media pembelajaran, vidoe animasi, troubleshooting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, dan keefektifan video animasi sebagai media pembelajaran troubleshooting perangkat
keras komputer kelas X di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Develompment (R&D) dengan
menggunakan model pengembangan Waterfall. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes. Teknik analisis yang digunakan adalah kelayakan, analisisi data awal dan akhir. pengembangan video animasi sebagai media pembelajaran troubleshooting perangkat keras komputer melalui tahap analysis, design, implementation, testing, dan maintenance. hasil penilaian ahli media masuk kategori layak dengan rata-rata keseluruhan sebesar 72% dan penilaian oleh ahli materi masuk kategori sangat layak dengan rata-rata keseluruhan sebesar 82,6%. Berdasarkan hasil uji t diperoleh sig (2- tailed) sebesar 0,00, jika sig < 0,05 maka H0 tidak diterima dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan hasil belajar dari peserta didik sebelum dan sesudah 758 menggunakan media. Berdasarkan hasil penelitian video animasi sebagai troubleshooting perangkat keras dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik.

Published
2018-10-31