PKM Ecommerce, Packaging Design Dan Manajemen Pemasaran Untuk Usaha Kuliner Kota Batam

  • Muhammat Rasid Ridho Universitas Putera Batam
  • Pastima Simanjuntak Universitas Putera Batam
  • Desrini Ningsih Universitas Putera Batam
Keywords: ecommerce, packaging design, manajemen pemasaran

Abstract

Usaha kuliner sangat berkembang di Kota Batam, terlebih lagi mayoritas masyarakat merupakan pekerja. Karena tidak tidak punya waktu untuk memasak, warga lebih suka membeli makanan diluar sambil bersantai dengan keluarga. Permintaan semakin banyak, semakin banyak juga dibuka usaha usaha di bidang kuliner ini. Sehingga persaingan dalam berjualan bertambah berat. Ecommerce mencoba tim pengabdi jadikan solusi untuk meningkatkan citra positif kepada masyarakat Kota Batam. Desain pengemasan (packaging design) yang menarik menjadi perhatian sendiri bagi pembeli. Rasa memang menentukan pembelian kembali, dengan tampilan yang cantik diharapkan akan menambah nilai positif di mata pelanggan. Solusi yang pengabdi akan terapkan dengan membuat bentuk yang unik serta print layout yang berbeda. Tidak melupakan juga faktor ekonomisnya, mencari agar pengemasan tidak membutuhkan biaya yang mahal.
Manajemen pemasaran yang tim pengabdi usulkan dengan memberikan pembinaan bagaimana usaha tetap dapat mempertahankan lelangsungan usaha serta tetap memperhatikan kepuasan pembeli. Lebih detail lagi yakni: penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program agar tujuan usaha kuliner tetap maju dan berkembang. Kemajuan kegiatan saat ini sudah membuat web kedua mitra, akan melakukan finishing kemasan dan beberapa pembinaan pemasaran. 

Published
2018-10-31