DATA MINING STRATEGI PROMOSI PADA UNIVERSITAS YAPIS PAPUA MENGGUNAKAN ALGORTIMA K-MEANS CLUSTERING

  • Mursalim Tonggiroh Universitas Yapis Papua
  • Muhammad Taher Jufri Universitas Yapis Papua
Keywords: Data Mining, K-means Clustering, Strategi Promosi, Universitas Yapis Papua

Abstract

Universitas Yapis Papua setiap tahun melakukan penerimaan mahasiswa baru, hal ini akan berdampak terhadap pertumbuhan jumlah data mahasiswa yang sangat pesat. Dengan jumlah data mahasiswa yang besar terdapat informasi yang tersembunyi yang dapat diketahui dengan cara melakukan pengolahan data tersebut sehingga berguna bagi pihak Universitas. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan algoritma K-means Clustering. Dengan menggunakan algoritma ini, berbagai data mahasiswa yang telah dikumpulkan akan dikelompokkan ke dalam beberapa cluster. Atribut yang akan digunakan dalam penentuan pengelompokan wilayah untuk melakukan promosi UNIYAP adalah NPM, program studi, asal distrik dan status mahasiswa. Hasil dari penelitian ini memberikan strategi promosi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan dari analisa data mahasiswa pada tahun 2015, 2016, 2017. Serta menghasilkan sebuah aplikasi data mining yang membantu pihak Universitas untuk menganalisa data tersebut.

Published
2018-10-31