Audit Tata Kelola PT PLN Pembangkitan Sumbagsel Dengan COBIT 5 dan ITIL V3

  • Muhammad Rizky Pribadi STMIK GI MDP
  • Hafiz Irsyad STMIK GI MDP
Keywords: COBIT 5, ITIL, Tata Kelola , TI

Abstract

Peningkatan peran TI berbanding lurus dengan peningkatan investasi yang diiringi juga dengan peningkatan pengeluaran biaya yang besar. Indikator eberhasilan implementasi TI berupa layanan yang prima yaitu handal, available, cepat, dan akurat. Dengan perencanaan tata kelola TI yang matang diharapkan pelaksanaan layanan TI dapat dilakukan dengan baik dan perwujudan good IT Governance. Audit layanan TI di PT PLN Pembangkitan Sumbagsel adalah untuk meningkatkan kepuasan terhadap layanan TI tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Tata Kelola TI pada PLN pembangkitan Sumbagsel, maka dilakukan audit Tata Kelola TI menggunakan kerangka kerja COBIT 5 dan ITIL V3. Untuk evaluasi layanan TI digunakan ITIL V3 2011 dan COBIT 5 dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Hasil penelitian ini berupa hasil analisis kondisi 26 proses dalam kelima Service Lifecycle pada kerangka kerja ITIL V3 2011 di Pengembangan Komunikasi dan Informatika serta penilaian tingkat capability 18 proses-proses TI di COBIT 5 yang berkaitan dengan layanan TI, melakukan dan prioritasi proses-proses TI COBIT 5.

Published
2018-10-31