Mengukur Kualitas Website PT Semen Baturaja (Persero) Tbk menggunakan Metode Webqual 4.0

  • Yuzan Kalpataru Universtias Bina Darma
  • Rabin Ibnu Zainal Universtias Bina Darma
  • Ahmad Haidar Mirza Universtias Bina Darma
Keywords: Kepuasan, Usability, Kualitas Informasi, Kualitas Interaksi

Abstract

Sebuah Perusahaan seperti PT Semen Baturaja (Persero) Tbk harus selalu mengevaluasi kualitas websitenya. Kualitas website Perusahaan dapat diukur melalui persepsi dan penilaian pengguna meliputi tampilan, penyampaian informasi, ketepatan informasi serta privacy pengguna selama menggunakan website. Peneliti menggunakan metode WebQual 4.0 yang mendasar pada tiga dimensi yaitu usability, kualitas informasi, dan kualitas interaksi. Penelitian mengambil sampel sebanyak 45 orang pengguna website yang terdiri dari rekanan atau Stakeholder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi pengguna terhadap dimensi Usability yang disajikan pada pertanyaan Anda merasa mudah bernavigasi dalam website dan website mengandung kompetensi yang menghasilkan
persentase sebesar 75,56%, Persepsi pengguna terhadap dimensi kualitas Informasi yang disajikan pada pertanyaan “Website menyediakan Informasi yang tepat waktu” persentase sebesar 76,44%. Persepsi pengguna terhadap dimensi kualitas interaksi pelayanan yang disajikan pada pertanyaan “Anda merasa aman untuk melakukan transaksi” persentase sebesar 76,44%. Hasil penelitian evaluasi terhadap kualitas
website PT Semen Baturaja (persero) Tbk, mengunakan metode WebQual 4.0
berpengaruh signifikan dan cukup bagus.

Published
2018-10-31