KONSEP SCAFFOLDING KONTEN PADA GAYA BELAJAR VERBAL UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MANDIRI

  • Jeems Terri A.S Universitas Ciputra
  • Nurul Hidayat universitas jenderal soedirman
  • Yulia Wahyuningsih LPP widyathama parahita
Keywords: scaffolding, personalisasi, adaptif, moodle, psalms

Abstract

Penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan khususnya elearning sebagai alat bantu lingkungan belajar siswa dapat dimaksimalkan dengan beberapa teknik. Kelemahan elearning selama ini yang memberikan materi statis dan tidak menyesuaikan dengan kebutuhan siswa merupakan masalah utama yang harus kita selesaikan. Tujuan penelitian ini agar sistem elearning dapat dengan mudah memberikan materi yang sesuai dengan gaya belajar dan kemampuan siswa. Diharapkan dengan materi yang terscaffold dapat membantu siswa yang memiliki kemampuan berbeda. Juga dengan adanya penyesuaian gaya belajar, diharapkan dapat membuat pembelajaran di dalam elearning menjadi maksimal. Dengan metode menentukan gaya belajar dan level kemampuan siswa, sistem akan menyesuaikan materi yang sesuai dengan kategori personal dirinya. Pengaplikasian kerangka kerja yang kami sampaikan pada pemulisan kali ini tidak memerlukan penambahan script yang rumit 

Published
2018-10-31