FRAMEWORK BLENDED LEARNING PERSONALISASI SCAFFOLDING ADAPTIF LMS (PSALMS) PADA PELAJARAN MATEMATIKA

  • Yulia Wahyuningsih riset edukasi LPP Widyathama parahita
  • Arif Djunaidy FTIK institut Teknologi Sepuluh November

Abstract

Bagaimana agar elearning menjadi solusi bagi permasalahan pembelajar di Indonesia? Jika tidak ada yang berusaha menjawab pertanyaan tersebut, maka makin dalamlah keterpurukan pendidikan Indonesia. Pemerintah atau pihak swasta telah melakukan beberapa usaha untuk memutuskan lingkaran keterpurukan ini. Sertifikasi guru, PLPG, hibah perangkat komputer, hibah perangkat pengajaran, menggiatkan PTK (penelitian tindakan kelas) hingga menaikkan gaji guru, merupakan beberapa bentuk usaha yang telah dilakukan. Sayangnya meningkatnya anggaran pendidikan tidak signifikan dengan peningkatan kualitas pelajar Indonesia1  . Penggunaan perangkat komputer yang marak sejak permulaan pelaksanaan UNBK (2015), memungkinkan berkembangnya paradigma pemanfaatan elearning sebagai bagian dari proses PBM dalam bentuk blended learning yang mampu mengakomodasi perbedaan gaya belajar sebagai bentuk personalisasi dan adaptif. Kesamaan persepsi mengenai perlunya menciptakan lingkungan belajar yang mampu memahami pembelajar baik dari karakter gaya belajar, latar belakang dll dan sistem yang mampu memberikan rekomendasi materi pembelajaran sesuaikan dengan tingkat kemampuan bahkan mampu memberikan bantuan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai oleh pembelajar secara mandiri. Sayangnya, pada penelitian personalisasi pembelajaran hanya melaporkan adanya perbedaan saat sebelum menggunakan sistem dan sesudah menggunakan sistem. Dalam hal ini peneliti melihat sedikit celah yang mampu menjadi solusi peningkatan kualitas pelajar di Indonesia. Beberapa celah tersebut adalah 1. Memperhatikan besaran materi yang diberikan (memasukkan teknik scaffolding di dalamnya), 2. Memberikan informasi hasil analisis sistem tidak hanya kepada pembelajar tetapi kepada pengajar (hal ini dirasa paling sesuai dengan sistem pengajaran di Indonesia) dan 3. Menyediakan notifikasi personal pada siswa berkenaan dengan materi yang harus diselesaikannya 4. Memanfaatkan media sosial sebagai bentuk penghargaan terhadap pencapaian diri. Personalized Scaffolding Adaptive LMS (PSALMS) diharapkan menjadi jawaban bagi permasalahan pendidikan di Indonesia. Keterbaruan pada penelitian ini adalah menghasilkan platform personalized  caffolding adaptive dan pada domain EDM terutama pada penggabungan BKT dengan IRT. 

Published
2018-10-31