Whatsapp Resmi Dewa16 SLOT THAILAND https://dewa16.co.uk/ https://bola16.co.uk/ slo16 slot gacor http://siad.dpmd.gorutkab.go.id/ https://journal.binadarma.ac.id/pages/article/deposit-pulsa-tanpa-potongan/ https://stennisflagflyers.com/ https://nanotechinstitute.org/ slot gacor https://hollyvalance.net/ slot gacor deposit pulsa tanpa potongan slot thailand deposit pulsa tanpa potongan slot gacor hari ini slot pulsa slot pulsa https://dewa16.id/ slot gacor slot16 BOLA16 BOLA16 SLOT16 slot gacor deposit pulsa tanpa potongan https://sertifikasi.upy.ac.id/assets/mgacor/ http://103.141.105.92/ slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot gacor slot gacor slot thailand slot pulsa slot kamboja slot gacor https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/api/gacor deposit pulsa tanpa potongan slot kamboja https://littlebeedesigns.co.uk/ slot gacor maxwinhttps://siakad.stikeslakipadada.ac.id/sgacor/ https://stikeslakipadada.ac.id/gacor slot gacor slot dana deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot pulsa https://ppsdml.bpsdm.dephub.go.id/rames/toto/ https://kejari-sanggau.kejaksaan.go.id/ramestoto/ http://conference.fkm.unand.ac.id/rames/toto/ slot thailand togel online slot gacor slot gacor deposit pulsa tanpa potongan deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot gacor slot thailand deposit pulsa tanpa potongan

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAGI MAHASISWA DALAM KELAS BLENDED LEARNING

  • Rita Wahyuni Arifin Universitas Bina Insani
  • Henri Septanto Universitas Bina Insani
Keywords: media, pembelajaran, video, animasi, ADDIE

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran konvensional dimana mahasiswa STMIK Bina Insani mengalami kesulitan dalam memahami materi kuliah terutama bagi mahasiswa kelas blended learning atau kelas shift. Media pembelajaran hanya menggunakan slide materi dalam bentuk powerpoint ataupun modul bagi matakuliah praktek sedangkan intesitas pertemuan dengan dosen pengampu matakuliah terbatas, sehingga mahasiswa dituntut untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket yang digunakan dalam beta testing pada tahapan implementasi. Hasil penelitian adalah sebuah prototype video animasi materi kuliah yang dikembangkan berdasarkan storyline yang telah dibuat. Dari Hasil beta testing dapat diperoleh prosentase dari setiap pertanyaan sebagai berikut: pada soal nomor satu diperoleh sebesar 86%, prosentase soal nomor dua sebesar 90%, prosentase soal nomor tiga sebesar 86%, prosentase soal nomor empat sebesar 88%, prosentase soal nomor lima sebesar 86%, prosentase soal nomor enam sebesar 96%, prosentase soal nomor tujuh sebesar 90%, prosentase soal nomor delapan sebesar 88%, prosentase soal nomor sembilan sebesar 88%, prosentase soal nomor sepuluh sebesar 90%, dengan nilai rata-rata 88,8% maka dapat disimpulkan bahwa tampilan video animasi sudah baik 

Published
2018-10-31