Whatsapp Resmi Dewa16 SLOT THAILAND https://dewa16.co.uk/ https://bola16.co.uk/ slo16 slot gacor http://siad.dpmd.gorutkab.go.id/ https://journal.binadarma.ac.id/pages/article/deposit-pulsa-tanpa-potongan/ https://stennisflagflyers.com/ https://nanotechinstitute.org/ slot gacor https://hollyvalance.net/ slot gacor deposit pulsa tanpa potongan slot thailand deposit pulsa tanpa potongan slot gacor hari ini slot pulsa slot pulsa https://dewa16.id/ slot gacor slot16 BOLA16 BOLA16 SLOT16 slot gacor deposit pulsa tanpa potongan https://sertifikasi.upy.ac.id/assets/mgacor/ http://103.141.105.92/ slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot gacor slot gacor slot thailand slot pulsa slot kamboja slot gacor https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/api/gacor deposit pulsa tanpa potongan slot kamboja https://littlebeedesigns.co.uk/ slot gacor maxwinhttps://siakad.stikeslakipadada.ac.id/sgacor/ https://stikeslakipadada.ac.id/gacor slot gacor slot dana deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot pulsa https://ppsdml.bpsdm.dephub.go.id/rames/toto/ https://kejari-sanggau.kejaksaan.go.id/ramestoto/ http://conference.fkm.unand.ac.id/rames/toto/ slot thailand togel online slot gacor slot gacor deposit pulsa tanpa potongan deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot gacor slot thailand deposit pulsa tanpa potongan

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH PADA ANAK-ANAK

  • Andri Saputra
  • Yuniansyah Yuniansyah
Keywords: multimedia, huruf hijaiyah, 4-d

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan multimedia pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak-anak. Metode yang digunakan untuk pengembangan adalah metode 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pengembangan multimedia dilakukan dengan menggunakan adobe flash cs 6. Pada tahap sosialisasi multimedia digunakan pada anak-anak yang baru mendaftar di beberapa Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA). Setelah menggunakan multimedia anak-anak diberi latihan untuk mengingat kembali huruf hijaiyah yang telah dipelajari. Berdasarakan uji coba pada 48 anak diketahui yang dapat mengingat huruf hijaiyah dengan sangat baik sebanyak 32 anak, yang mampu mengingat dengan baik sebanyak 10 anak, yang mampu mengingat dengan cukup baik sebnyak 4 anak, dan yang kemampuan mengingatnya kurang baik sebanyak 2 anak. Berdasarkan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran pengenalan huruf hijaiyah dapat meningkatkan kemampuan anak-anak untuk mengenal huruf hijaiyah.

Published
2018-10-31