https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/issue/feed Prosiding Seminar Hasil Penelitian Vokasi (Semhavok) 2024-04-22T12:29:06+07:00 Rahmat Novrianda Dasmen rahmat_novrianda@binadarma.ac.id Open Journal Systems <p><strong>SEMHAVOK</strong> merupakan singkatan dari<strong> "Seminar Hasil Penelitian Vokasi"</strong> yang diselenggarakan oleh Fakultas Vokasi Universitas Bina Darma. Ruang lingkup penelitian yang dihasilkan merupakan gabungan dari 6 (Enam) Program Studi pada Fakultas Vokasi, yaitu: Teknik Komputer, Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi, Administrasi Bisnis, Manajemen Perusahaan dan Pengelolaan Perhotelan.&nbsp;Keseluruhan hasil penelitian yang telah dipresentasikan dan melalui proses review akan diterbitkan pada <strong>"Prosiding Semhavok"</strong> dengan <strong>P-ISSN : 2654-5438</strong> dan&nbsp;<strong>E-ISSN : 2828-4917</strong>. SEMHAVOK akan dijadwalkan agar dapat diselenggarakan <strong>2 kali setiap tahunnya </strong>pada edisi<strong> September - Februari </strong>dan<strong> Maret - Agustus</strong>. Seminar ini juga mengundang penulis dari seluruh Indonesia karena ruang lingkup seminar ini dalam skala <strong>Nasional</strong>.</p> https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3448 Rancang Bangun Private Cloud untuk Inventaris Data Guru di SD Muhammadiyah 14 Palembang 2024-04-02T11:31:05+07:00 Rahmat Amrullah rahmat.amrullah06@gmail.com Timur Dali Purwanto timur.dali.purwanto@binadarma.ac.id <p><em>SD Muhammadiyah 14 Palembang still uses hardware storage media such as flash disks, so the stored data is vulnerable to damage and loss. Therefore, this research aimed to provide a teacher data storage solution on the cloud storage-based Nextcloud application at SD Muhammadiyah 14 Palembang. The research method used in this research was the Research and Development method which consists of problem identification, data collection, initial observation, interviews, performance observation, literature study, data analysis and design. The research results that have been obtained were that the implementation of the Cloud Storage-based NextCloud application can be used by school residents, especially teachers, to access their data efficiently without using physical storage such as flash disks. Users can access Cloud Storage both at school and outside school.</em></p> 2024-04-02T11:31:05+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3418 Sistem Informasi Surat Perintah Perjalanan Dinas berbasis Website Pada Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Selatan 2024-04-19T13:39:48+07:00 Dayang Dayi dayangdayii1723@gmail.com Nita Rosa Damayanti nita_rosa@binadarma.ac.id <p><em>Based on these problems, a computerized mechanism is needed in the form of an information system to help the performance of employees to provide easier and faster services in making official travel orders at the South Sumatra Province Inspectorate Dearah office. the methodology used uses the observation method and the interview method. In this study, a development method called waterfall is used so that it will produce a web-based official travel order information system using the PHP MVC programming language and MySQL Relationship Diagram Management System (RDMS) which can be used to manage official travel order data at the South Sumatra Provincial Inspectorate office. The resulting website is expected to help employees in the Regional Inspectorate of South Sumatra Province facilitate the creation of letters to be made. The website created is built using the PHP programming language, PHP as a logic function and as a design using HTML, Visual Studio Code and MySql as a database programming language. The resulting website includes an operator dashboard, employee dashboard dashboard, NPPD data, SPT data, SPPD data, employee data, receipt data, official travel data, print sppd and print NPPD.</em></p> 2024-04-19T13:39:48+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3336 Perancangan Sistem Penerimaan dan Pengeluaran Kas berbasis Web pada Warung Drasaa Ayam Palembang 2024-04-19T14:10:20+07:00 Dito Alehandro ditoalhndr@gmail.com Dinny Komalasari dinny.komalasari@binadarma.ac.id <p>Teknologi informasi di era digital ini berkembang dengan sangat pesat di seluruh dunia. Segala bentuk informasi yang dibutuhkan dapat dengan mudah dan cepat untuk didapatkan, terutama hal tersebut diperoleh dengan menggunakan teknologi yang bernama internet. Warung Drasaa Ayam Palembang yang terkhusunya bagian pengelolaan keuangan disini masih belum melakukan pencatatan akuntansi dengan baik yang sebagaimana mestinya digunakan. Dengan hal ini demi kemajuan Warung Drasaa Ayam Palembang dalam melakukan agar mengikkuti perkembangan di era teknologi masa kini maka diperlukan sistem penerimaan dan pengeluaran kas untuk mengatasi masalah yang ada di Warung Drasaa Ayam Palembang. Untuk mendukung Sistem ini maka diperlukan perancangan sistem berbasis <em>website</em> dengan menggunakan metode <em>waterfall </em>yang terdiri dari analisis, desain, pengkodean, dan pengujian dalam merancang database<strong>.</strong></p> 2024-04-19T14:10:20+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3357 Aplikasi Anggaran Perjalanan Dinas pada Dinas Pariwisata Kota Palembang 2024-04-19T14:16:25+07:00 Siti Esa Azzahra azzahrastesa@gmail.com Helda Yudiastuti helda.yudiastuti@binadarma.ac.id <p>Mempelajari perekaman anggaran perjalanan dinas yang terdapat pada Dinas Pariwisata Kota Palembang termasuk dari keinginan yang dicapai, pengkajian langsung dilakukan tentang anggaran perjalanan dinas yang didapati masih kurang efisien. Dipakai metode <em>waterfall</em> dan dengan mengumpulkan data dengan wawancara dan observasi serta pembangunan rancang aplikasi dengan dipakai bahasa pemrograman PHP dan menggunakan XAMPP dalam pengkajian ini. Pengkajian ini mewujudkan aplikasi yang diinput pengajuan anggarannya dalam proses pencairan dana perjalanan dinas kemudian dihasilkan-lah laporan dalam kurun waktu perbulan juga pertahun, kemudian fungsi dan bagian yang terlibat menjadi faktor utama aplikasi ini terbuat terpisah.</p> 2024-04-19T14:16:25+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3432 Sistem Informasi Permintaan Barang berbasis Web pada Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Selatan 2024-04-19T14:47:21+07:00 Nadia Rasikha Oktari nadiarasikha@gmail.com Vivi Sahfitri vivi_sahfitri@binadarma.ac.id <p>Permintaan barang yang dilakukan di Kantor Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Selatan <br>masih menggunakan sistem manual, yaitu pegawai apabila ingin melakukan barang harus mencatat <br>terlebih dahulu barang yang diinginkan dan berapa jumlah barang tersebut setelah itu dicetak, selanjutnya <br>minta tandatangan dari kepala bagian, setelah mendapatkan ijin dari pimpinan terkait barulah stok gudang <br>ATK menyiapkan barang-barang yang diminta. Sehinnga proses permintaan barang menjadi lambat. Oleh <br>karena itu, tugas akhir ini dilakukan untuk membuat sistem informasi permintaan barang berbasis web, <br>sehingga dapat mempermudah proses permintaan barang. Pada penelitian ini penulis menggunakan <br>metode waterfall. Metode pengumpulan data didapat dari kegiatan observasi dan wawancara langsung <br>pegawai kantor. Sistem ini dibuat menggunakan Bahasa Pemgrograman PHP yang berbasis web. Pada <br>rancangan website ini diharapkan dapat mempermudah proses permintaan barang pada Inspektorat <br>Provinsi Sumatera Selatan.</p> 2024-04-19T14:47:21+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3340 Perancangan Sistem Pembayaran SPP di SMK Bina Sriwijaya Indonesia Palembang 2024-04-19T14:50:48+07:00 Aidil Fitri aidilfitrio1111@gmail.com Timur Dali Purwanto timur.dali.purwanto@binadarma.ac.id <p>Sistem Pembayaran SPP di Sekolah Menengah Kejuruan Bina Sriwijaya Indonesia Palembang masih dilakukan dengan cara konvensional dalam melakukan transaksi SPP yaitu Admin menulis semua Transaksi pada kartu spp siswa. menjadikannya lebih lama untuk merekap dan mencatat pembayaran. Untuk menyelesaikan masalah ini, penulis melakukan penelitian dengan judul "Perancangan Sistem Pembayaran SPP di SMK Bina Sriwijaya Indonesia Palembang". Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software Xampp dan bahasa pemrograman PHP yang mendukung basis data. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode waterfall proses yang terjadi pada metode waterfall dimulai dari analisa kebutuhan, desain Sistem, Implementasi,Pengujian dan pemeliharaan tujuan sistem ini adalah untuk mempermudah pengarsipan data pembayaran spp serta transaksi yang dilakukan lebih terkomputerisasi. Dari penjelasan diatas dapat dihasil penelitian ini adalah aplikasi Pembayaran SPP&nbsp; di SMK Bina Sriwijaya Indonesia Palembang.&nbsp;</p> 2024-04-19T14:13:01+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3446 Pemetaan Jaringan Hotspot di Kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan 2024-04-19T15:04:52+07:00 Ayu Oktarina ayuoktarina200@gmail.com Fatoni Fatoni fatoni@binadarma.ac.id <p>Jaringan Hotspot saat ini sangatlah dibutuhkan baik bagi manusia, kantor, peguruan tinggi, dan perusahaan, Dalam melakukan aktivitas sehari-hari pada kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan menggunakan jaringan internet dalam setiap pengelolaan data, rapat, dan untuk memberikan informasi pada publik. Dalam hal ini maka diperlukan kualitas jaringan yang baik untuk menstabilkan jaringan yang ada di kator DPRD Provinsi Sumatera Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan Pemetaan Jaringan Hotspot menggunakn software Ekahau Site Survey yang berfungsi untuk memetakan dan melihat seberapa jauh pancaran sinyal yang di pancarkan oleh setiap access point dan bagian mana yang belum terjangkau jaringan hotspot. Dengan menggunakan metode Action Research, Pada penelitian ini di lakukan pengeseran dan penambahan jumlah titik access point yang dikarnakan penempatan nya yang kurang tepat, dari hasil pengeseran dan penambahan titik pada jaringan hotspot&nbsp; dihasilkan sinyal yang lebih baik dari sebelumnya jaringan sudah terpancar dengan baik di setiap ruangan pada gedung Umum dan Humas di kantor DPRD Provinsi Sumatera Selatan.</p> 2024-04-19T15:04:52+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3421 Aplikasi Pengolahan Data Kerjasama pada Direktorat Kerjasama dan Alumni Universitas Bina Darma 2024-04-22T11:49:55+07:00 Mega Pertiwi megaprtwi1212@gmail.com Ade Putra adeputra@gmail.ac.id <p><em>With the development of science and technology, fast and accurate information with supporting facilities is needed. For government or non-government agencies that keep up with the times, having faster, more accurate and precise information is needed. Collaborative data processing at the Directorate of Cooperation and alumni of Bina Darma University, so far still using the Google Drive application so that the data processing process becomes less effective. For this reason, a special computer-based application with an integrated design or design is needed. With the new application system, it is expected to facilitate the processing of cooperation data at the directorate of Cooperation and alumni of Bina Darma University. In conclusion that this program can help the process of processing collaborative data at the Directorate of Cooperation and alumni of Web-Based Bina Darma University and for the system development method I use the waterfall model.</em></p> 2024-04-22T11:49:55+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3417 Perancangan Sistem Pembayaran SPP di SMK Bina Sriwjaya Indonesia Palembang 2024-04-22T11:53:07+07:00 Aidil Fitri aidilfitrio1111@gmail.com Timur Dali Purwanto timur.dali.purwanto@binadarma.ac.id <p>The Tuition Fee Payment System at the Bina Sriwijaya Indonesia Vocational High School in Palembang currently still uses a conventional approach where administrators manually record all tuition payment transactions on students' tuition cards. This results in the process of recording and recapitulating payments being slower. To overcome this problem, the author conducted research with the title "Designing a Tuition Payment System at SMK Bina Sriwijaya Indonesia Palembang". In this research, Xampp software and the PHP programming language with database support were used.The research method applied in this study is the waterfall method, where the development process starts from requirements analysis, system design, implementation, testing, to maintenance. The aim of this system is to make it easier to archive SPP payment data and make the transaction process more computerized. The result of this research is the Tuition Payment application at Bina Sriwijaya Indonesia Vocational School, Palembang.</p> 2024-04-22T11:53:07+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3393 Aplikasi Pengarsipan Material Requirement Planning pada SCMD PT. Tanjungenim Lestari Pulp and Paper 2024-04-22T12:19:24+07:00 Sindi Erosa Try Salma 201210013@student.binadarma.ac.id Muhammad Sobri sobri@binadarma.ac.id <p>Penelitian ini mengenai Material Requirement Planning (MRP) pada Supply Chain Management Department (CMD) di PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper. Saat ini CMD di PT Tanjungenim Lestari <em>Pulp and Paper</em> melakukan pengarsipan dokumen Material Requirement Planning (MRP) dengan cara mengumpulkan dokumen sesuai nama pegawai lalu disusun sesuai urutan tanggal terbaru dan dimasukkan pada sebuah map besar. Proses pengarsipan tersebut sangat tidak efisien dalam hal waktu, biaya, dan penyediaan ruang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem <em>waterfall</em> dalam proses pengembangannya, yaitu analisis, desain, pengkodean, dan pengujian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini ialah berupa ”Aplikasi Pengarsipan <em>Material Requirement Planning</em> (MRP) Berbasis Web Pada <em>Supply Chain Management Department</em> (CMD) di PT Tanjungenim Lestari <em>Pulp and Paper</em>”. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mempermudah CMD dalam proses pengarsipan dokumen MRP.</p> 2024-04-22T12:19:24+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3352 Implementasi Keamanan Database dari Serangan Packet Sniffing pada Departemen TI PT. PUSRI Palembang 2024-04-22T12:29:06+07:00 Muhammad Agung muhammad.agung586@gmail.com Misinem Misinem misinem@binadarma.ac.id <p><em>PT Pupuk Sriwidjaja Palembang is one of the companies engaged in the manufacturing industry in the form of urea fertilizer as raw material, this agency uses a Storage Area Network (SAN) as data storage, the agency uses wired and wireless internet to process data and input it to the website company. Sniffing is the act of capturing data packets that pass through the network. Sniffing is very dangerous if eavesdroppers take action or modify network data packets, because data can be stolen. The theft of the data can have an impact on certain parties. Data is obtained by attackers using sniffing attacks when data is sent via wifi networks, hotspots, servers and others. So that this becomes the background of this research which has the formulation of the problem is How to implement database security from packet sniffing attacks at the Department TI of PT Pupuk Sriwidjaja Palembang. The trick is to use a VPN / IPSec tunnel using a proxy tool. This study uses the Action Research method which includes diagnosis, action plan, action, evaluation, and learning. After implementing security using a VPN in the Department TI of PT Pupuk Sriwidjaja, packet sniffing makes security difficult to penetrate</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><em>Keywords: Sniffing, Database Security, VPN, IPSec, Mikrotik</em></p> 2024-04-22T12:29:05+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3428 Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Steak di Butcher Steak dan Pasta Restaurant 2024-04-19T13:42:45+07:00 Kaiman Kaiman ksrioeidjaja08@gmail.com Sabeli Aliya sably@binadarma.ac.id <p><em>Nowadays, there is an increase in people's buying interest in food and beverage products. For this reason, food and beverage industry players must be careful in creating a marketing strategy. A marketing mix strategy with 4P elements (product, price, promotion and place) is appropriate to apply to the restaurant business sector to maximize the number of visitors with the aim of increasing income for the restaurant. increase. This study aims to determine the influence of the marketing mix on the decision to purchase steak at Butcher Steak and Pasta Restaurant Palembang as the research object. The research method is descriptive quantitative where data collection uses interviews, questionnaires and observations. The sample was taken as many as 105 respondents with a population of 150 visitors per day on average. Then analysis was carried out using SPSS to determine validity, reliability, multiple linear regression, determination, and T test and F test. The results of the analysis indicated that there was an influence of the marketing mix on the decision to purchase steak at Butcher Steak and Pasta Palembang. All variables simultaneously influence the decision to purchase steak at Butcher Steak and Pasta Palembang by 60.2%. And the results of the F test have a significance value of (0.001) &lt; a (0.05). It can be interpreted that the marketing mix has a significant positive influence on the decision to purchase steak at Butcher Steak and Pasta Restaurant Palembang.</em></p> 2024-04-19T13:42:45+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3438 Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pemesanan Kamar di Azza Hotel Palembang 2024-04-19T13:46:45+07:00 Elvi Munah elvimunah63697@gmail.com Sholahuddin arsyad shola.arsyad@gmail.com <p><em>This research is motivated by the progress of economic growth which gives its own color to the face of the world today. This is proven by the development of the hospitality industry in various regions. Many hotels in Indonesia are innovating to improve service quality. Azza Hotel Palembang is a 2-star classified hotel which was established on November 11, 2012. This research is entitled Analysis of Factors Influencing Room Booking Decisions at Azza Hotel Palembang. The purpose of this study was to determine the influence of hotel guest perceptions on price, advertising, location, in making decisions using Azza Hotel Palembang services.The type of research used in this research is descriptive qualitative research. The data obtained by the author is based on direct involvement and results of observations in hotel work operations when carrying out field work practices at the Azza Hotel for 3 months. Based on the results of this study indicate that it can be seen that the factors that influence mina consumers in choosing services at Azza Hotel Palembang, namely external factors including promotion, price and location and internal factors including personal factors, namely work and psychological factors including attitudes and beliefs.</em></p> 2024-04-19T13:46:45+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3386 Sistem Penyimpanan Arsip berbasis QR Code Pada Gedung Arsip PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang 2024-04-19T14:21:08+07:00 Sasi Legianti sasilegianti@gmail.com Poppy Indriani poppy.indriani@binadarma.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Sistem Penyimpanan Arsip Berbasis <em>QR Code</em> Pada Gedung Arsip PT Pupuk Sriwidjaja Palembang” agar dapat membantu staff dalam proses penyimpanan dan penemuan kembali arsip. Sehingga penelitian ini berjudul “Sistem Penyimpanan Arsip Berbasis <em>QR Code</em> Pada Gedung Arsip PT Pupuk Sriwidjaja Palembang”. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sistem pengarsipan pada Gedung Arsip PT Pupuk Sriwidjaja Palembang masih dilakukan secara manual dan belum terdigitalisasi. Maka dari itu dengan memanfaatkan teknologi informasi, sistem penyimpanan arsip berbasis <em>QR Code</em> dibuat menggunakan aplikasi <em>Google Drive</em> dan <em>Google Docs</em> sebagai tempat penyimpanan file dokumen arsip yang sudah di <em>scan</em> dan menampilkan informasi untuk mengetahui lokasi penyimpanan dokumen fisik arsip. Sehingga dengan adanya sistem penyimpanan arsip berbasis <em>QR Code</em> ini dapat membantu staff dalam proses pengarsipan dan menemukan kembali arsip secara cepat dan tepat hanya dengan men <em>scan QR Code</em> menggunakan <em>handphone</em>.</p> 2024-04-19T14:21:08+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3396 Koordinasi Kerja Food and Beverage Service dengan Product dalam Operasional Breakfast Hotel Princess Palembang 2024-04-19T14:29:37+07:00 Deka Anjani Putri dekaanjanideka@gmail.com Akhmad Khudri khudri@binadarma.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai bagaimana kerja sama dalam operasional sarapan antara bagian food and beverage service dengan food and beverage product di Hotel Princess Palembang memengaruhi kepuasan tamu saat sarapan. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendalami situasi yang terjadi di lapangan dengan lebih baik. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh secara langsung melalui observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen dari sumber data utama di lokasi penelitian. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa koordinasi kerja antara food and beverage product dan food and beverage service di Hotel Princess Palembang dalam pelaksanaan sarapan berjalan dengan baik dan terkendali, meskipun karyawan terbatas setelah masa pandemi covid-19. Namun masih bisa ditangani dengan baik oleh karyawan food and beverage department karena telah memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup baik dalam segi komunikasi, kekompakan, disipin dan pembagian kerja. Keputusan penyajian breakfast dilihat dari jumlah kamar yang mendapat sarapan, jika lebih dari 14 kamar yang mendapat sarapan maka penyajian breakfast secara buffet, sedangkan jika kurang dari 14 kamar maka penyajian secara ala carte.</p> <p>&nbsp;</p> <p><span style="font-weight: 400;">&nbsp;</span></p> 2024-04-19T14:29:37+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3408 Peranan MSP Non Gadai dalam Meningkatkan Pencapaian Bisnis di PT. Pegadaian Area Palembang 2024-04-19T14:33:09+07:00 Bintang Fadli bintangfadli14@gmail.com Heriyanto Heriyanto heriyanto@binadarma.ac.id <p>Penyusunan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan marketing salas plan non gadai dalam meningkatkan pencapaian bisnis di PT Pegadaian Area Palembang. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode deskriptif kualitatif yaitu sebuah penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan MSP Non Gadai berperan aktif dalam menunjang penjualan produk non gadai melalui strategi penjualan serta promosi yang dilakukannya karna strategi penjualan mikro bangkit efektif dalam meningkatkan penjulan produk cicil emas, pinjaman usaha dan kur syariah, tetapi strategi penjualan mesra sawit kurang efektif dalam meningkatkan penjualan cicil kendaraan karna kurangnya eksekusi team pemasar dan kurangnya minat nasabah karna tidak ada promo yang ditawarkan, walaupun adanya peningkatan omset tapi realisasinya tidak mencapai target omset yang ditentukan.</p> 2024-04-19T14:33:09+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3426 Efektivitas Program Reward untuk Peningkatan Kinerja Pada Karyawan PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang 2024-04-19T14:38:59+07:00 Achmad Al Hidayah achmadalhidayah16@icloud.com Fitirasuri Fitirasuri fitriasuri@binadarma.ac.id <p>Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk melakukan penilaian terhadap efektivitas program reward untuk peningkatan kinerja pada karyawan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, dimana proses penilaian kinerja karyawan diukur dari pengetahuan, keterampilan, kemampuan dan motivasi untuk mengoperasikan pekerjaan dengan baik dan benar. Pemberian reward dapat dilakukan dengan dua cara ialah secara penghargaan materi dan non fisik. Metode penulisan Tugas Akhir ini melalui pengamatan, studi pustaka, kuesioner dan wawancara dengan staff karyawan pada PT Pupuk Sriwidjaja Palembang yang dijadikan pedoman penelitian ini. Dari hasil kuesioner dapat diketahui bagaimana peningkatan kinerja karyawan setelah adanya program reward dan hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa telah efektif karena pemberian reward berpengaruh terhadap kinerja karyawan dalam upaya mendongkrak motivasi karyawan untuk meningkatkan kinerja.</p> 2024-04-19T14:38:59+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3429 Pengaruh Kualitas Menu terhadap Minat Konsumen di Hotel Carrissima Palembang 2024-04-19T14:42:23+07:00 Nia Atika niaatika2000@gmail.com Nurvia Nathasya nurvia.nathasya@binadarma.ac.id <p>Alasan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas menu terhadap minat klien di Hotel Carrissima Palembang untuk meningkatkan minat pembeli.Teknik eksplorasi yang digunakan adalah penelitian analisis kontekstual, yakni mengambil satu benda tertentu untuk diteliti luar-dalam dengan memusatkan perhatian pada satu persoalan. Informasi yang dimanfaatkan adalah informasi penting dan informasi tambahan. Informasi penting dikumpulkan melalui survei dan persepsi langsung dengan klien hotel carrissima palembang, sedangkan informasi tambahan diperoleh dari buku dan sumber berbeda. Berdasarkan hasil eksplorasi menunjukkan bahwa sifat menu di hotel carrissima palembang &nbsp;berada pada kelas yang bagus, hal ini terlihat dari besarnya sudut pandang pembeli terhadap kesegaran makanan, penyajian makanan, tingkat kematangan dan varian makanan. Kualitas yang dilihat oleh pelanggan sangat mempengaruhi keuntungan pembeli dalam berkunjung kembali, bahkan meresepkannya kepada orang lain dan adanya kualitas yang baik dalam memberikan barang menjadikan minat pembeli.</p> 2024-04-19T14:42:23+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3374 Prosedur Surat Masuk di Kesekretariatan pada PT. Semen Baturaja Tbk 2024-04-19T14:49:16+07:00 Bambang Sandrayani bambangsandrayani99@gmail.com A. Yani Ranius ay_ranius@binadarma.ac.id <p>Prosedur pengelolaan surat masuk di PT. Semen Baturaja Tbk mencakup serangkaian tahapan, yakni penerimaan surat, penyortiran, pencatatan dalam buku agenda, dan pendistribusian. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami bagaimana proses pengelolaan surat masuk berlangsung di PT. Semen Baturaja Tbk, mulai dari tahap penerimaan hingga tahap pendistribusian. Pendistribusian surat dibagi menjadi dua metode, yaitu pendistribusian langsung kepada penerima surat atau melalui penggunaan Nota Dinas Online (NDO) untuk pendistribusian secara elektronik. Metode penulisan karya akhir ini mencakup pengamatan, studi pustaka, dokumentasi, dan wawancara dengan staf kesekretariatan PT. Semen Baturaja Tbk, yang menjadi referensi utama dalam pelaksanaan penelitian ini. Dari hasil wawancara tersebut, dapat dievaluasi sejauh mana kesesuaian prosedur pengelolaan surat masuk dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) PT. Semen Baturaja Tbk dan potensi hambatan yang mungkin muncul selama pelaksanaannya. Hasilnya menunjukkan bahwa prosedur pengelolaan surat masuk di PT. Semen Baturaja Tbk telah berjalan lancar dan sesuai dengan konsep yang dijelaskan oleh Nuraida.</p> 2024-04-19T14:49:15+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3437 Penerapan Teknologi Internet dalam Sistem Pemasaran Online pada Toko Sembako Zam Zami 2024-04-19T15:01:12+07:00 Achmad Zam Zami achmaddzamii@gmai.com Andrian Noviardy andrian.noviardy@binadarma.ac.id <p>Laporan tugas akhir ini berjudul “Penerapan Teknologi Internet Dalam Sistem Pemasaran Online Pada Toko Sembako Zam Zami”. Di masa lalu, bisnis mengandalkan transaksi di luar Internet, tetapi sekarang mereka secarabertahap beralih ke pemasaran online karena munculnya teknologi Internet. Toko sembako zam zami menerapkan teknologi internet dalam sistem pemasarannya dimana Masyarakat sekitar bisa mengakses barang-barang sembako yang tersedia di toko melalui teknologi internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak teknologi internet dalam pemasaran online di toko sembako Zam Zami. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dan analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa peran teknologi internet telah memberikan kontribusi yang signifikan, meskipun ada ruang untuk perbaikan dalam strategi pemasaran untuk mencapai target audiens yang lebih tepat dan mengoptimalkan pengembalian investasi.</p> 2024-04-19T15:01:12+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3451 Penerapan Aplikasi Keuangan BukuKas pada UMKM Toko Yusuf 2024-04-22T08:55:01+07:00 Zuliyana Ningsih zuliyana2001@icloud.com Ryan Al Rachmat ryanalrachmat@binadarma.ac.id <p><em>Many&nbsp; UMKM&nbsp; business actors still rely on manual financial records so they do not have detailed and regular financial reports, one of which is UMKM Toko Yusuf. Toko Yusuf UMKM need an effort to complete financial statements that can be made regularly, neatly and accurately in recording the finances of every transaction that occurs every day. In the BukuKas application, the author aims to solve problems that occur so that UMKM Toko Yusuf can find out the sales profit either daily, weekly or monthly in the form of reports. In the BukuKas application, Toko Yusuf can record transactions for purchasing raw materials or merchandise by collecting various important transaction information, including purchase dates, supplier details, item descriptions, number of goods, price per unit, total purchase, and other information. The features in BukuKas can also help in managing the stock of goods in your warehouse or store by recording stock movements, tracking inventory, and providing clear information about the availability of goods.</em></p> 2024-04-22T08:55:01+07:00 ##submission.copyrightStatement## https://conference.binadarma.ac.id/index.php/semhavok/article/view/3402 Pengaruh Profesionalisme Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Butcher Steak & Pasta Palembang 2024-04-22T12:22:47+07:00 Resi Triana resitriana23015@gmail.com Akhmad Khudri khudri@binadarma.ac.id <p><em>In today's marketing world, ensuring customer satisfaction is the main focus in business management, that aimed to achieve profitability. The best indicator for gaining future profits is customer satisfaction. It was explained that customer satisfaction is what customers expect from the services they use. This study aimed to determine the level of influence of service professionalism on customer satisfaction and to choose Butcher Steak &amp; Pasta Palembang as the research object. The research method taken is quantitative with data collection using questionnaires. Samples were taken of 100 respondents. This results showed the influence of service professionalism on customer satisfaction at Butcher Steak &amp; Pasta Palembang is 80.6%. If we look at the significance level and significance of the T test, so the results of the significance test (Sig) &lt; significance level (0.001 &lt; 0.05). There is an influence of service professionalism on customer satisfaction at Butcher Steak &amp; Pasta Palembang.</em></p> 2024-04-22T12:22:47+07:00 ##submission.copyrightStatement##