Whatsapp Resmi Dewa16 SLOT THAILAND https://dewa16.co.uk/ https://bola16.co.uk/ slo16 slot gacor http://siad.dpmd.gorutkab.go.id/ https://journal.binadarma.ac.id/pages/article/deposit-pulsa-tanpa-potongan/ https://stennisflagflyers.com/ https://nanotechinstitute.org/ slot gacor https://hollyvalance.net/ slot gacor deposit pulsa tanpa potongan slot thailand deposit pulsa tanpa potongan slot gacor hari ini slot pulsa slot pulsa https://dewa16.id/ slot gacor slot16 BOLA16 BOLA16 SLOT16 slot gacor deposit pulsa tanpa potongan https://sertifikasi.upy.ac.id/assets/mgacor/ http://103.141.105.92/ slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot gacor slot gacor slot thailand slot pulsa slot kamboja slot gacor https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/api/gacor deposit pulsa tanpa potongan slot kamboja https://littlebeedesigns.co.uk/ slot gacor maxwinhttps://siakad.stikeslakipadada.ac.id/sgacor/ https://stikeslakipadada.ac.id/gacor slot gacor slot dana deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot pulsa https://ppsdml.bpsdm.dephub.go.id/rames/toto/ https://kejari-sanggau.kejaksaan.go.id/ramestoto/ http://conference.fkm.unand.ac.id/rames/toto/ slot thailand togel online slot gacor slot gacor deposit pulsa tanpa potongan deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot gacor slot thailand deposit pulsa tanpa potongan

EVALUASI PENERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR RECEPTIONIST DALAM MENANGANI TAMU CHECK-IN DI AZZA HOTEL PALEMBANG

  • Andrian Noviardy Universitas Bina Darma
  • Ellana Nur Aprillia Universitas Bina Darma
Keywords: Standar Operasional Prosedur, Check-in, Pelayanan tamu

Abstract

Kegiatan pariwisata yang semakin maju telah melahirkakn berbagai perusahaan, salah satu nya industri perhotelan yang bergerak dalamĀ  bidang pelayanan jasa akan membutuhkan tenaga kerja manusia yang berkerja dengan Standar Operasional Prosedur(SOP) yang telah ditetapkan khususnya pada front office department yaitu resepsionis dalam menangani tamu check-in. Standar Operasional Prosedur(SOP) merupakan tata cara atau suatu proses untuk menentukan nilai dari suatu pekerjaan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi dan wawancara dengan teknis analisis data Kualitatif yang menjabarkan untuk mengetahui standar operasional prosedur check-in Azza Hotel Palembang dan mengevaluasi apakah resepsionis Azza Hotel Palembang telah menerapkan pekerjaan sesuai SOP. Hasil dari penelitian ini, kinerja resepsionissudah cukup baik namun harus ditingkatkan lagi karena ada 2 ponit yang belum diterapkan dari 13 point standar operasional prosedur yang ada di Azza Hotel Palembang namun11 point diantaranya telah diterapkan dengan baik.

References

[1] Arikunto dan Cepi Jabar. (2008). Evaluasi Program Pendidikakn. Jakarta: Bumi Aksara
[2] Atmoko,T. (2011).Akuntabilits Kinerja Instansi Pemerintah . Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
[3] Darsono, Agustinus. (2000). Kantor Depan Hotel. Jakarta : Grasindo
[4] Sujatno, Bambang. (2008). Hotel courtesy. Yogyakarta : ANDI
[5] Sunarno, Adi. (2006). Front Office Management. Yogyakarta : Andi.
Published
2020-01-25
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis