IMPLEMENTASI STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) WAITER DAN WAITRESS DALAM MELAYANI TAMU DI AZZA HOTEL PALEMBANG

  • Septian Muhardi Universitas Bina Darma
  • M. Amiruddin Syarif Universitas Bina Darma

Abstract

Perkembangan Pariwisata Palembang yang berkaitan erat dengan even internasional yang berlangsung di kota ini seperti SEA Games, Islamic Solidarity Games, dan Asean Games, membuat dunia perhotelan menjadi faktor penting untuk mendukung acara tersebut. Kualitas pelayanan harus terus ditingkatkan.  Perhotelan memiliki beberapa pelayanan diantaranya restaurant.  Untuk memberikan pelayanan terbaik terhadap tamu, seorang waiter/waitress harus menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP), yang meminimalisir kesalahan sehingga membuat kenyamanan dan kepuasan terhadap tamu restaurant di Azza Hotel Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis yang menjabarkan mengenai implementasi Standar Operational Prosedure waiter/waitress dalam melayani tamu di Azza Hotel Palembang.  Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan langsung, wawancara, dan studi literatur yang mendukung penelitian ini.  Hasil penelitian adalah dari 13 poin standar operasopnal prosuder yang ada, 11diantaranya telah dilaksanakan dengan baik, atau sebesar 84 % telah dilaksanankan.

Published
2019-09-19
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis