APLIKASI PENUNJANG SALES MARKETING DENGAN MITRA BERBASIS WEB PADA PT. POS INDONESIA KCU PALEMBANG

  • Nur Alip Fikri Universitas Bina Darma
  • Merry Agustina Universitas Bina Darma
Keywords: Aplikasi, Penunjang, Sales Marketing

Abstract

Aplikasi Penunjang Sales Marketing Dengan Mitra Berbasis Web Pada PT. Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Palembang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Perangkat lunak yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah Dreamweaver CS 6 (2012) dan SQLYog versi 13 untuk manajemen databasenya. Aplikasi ini dijalankan di lingkungan lokal pada satu komputer dengan memanfaatkan XAMPP. Tujuan aplikasi ini dibuat untuk membantu meringankan beban kerja staf Sales Marketing PT. Pos Indonesia KCU Palembang dalam mengelola data mitra kerja PT. Pos Indonesia melalui penggunaan aplikasi web.Dari hasil implementasi diperoleh hasil: Sistem yang dihasilkan pada penelitian ini yaitu aplikasi web untuk pendataan mitra Tempat Ibadah, mitra Resto, dan mitra Pemerintahan dan pencetakan surat perjanjian kerja sama (PKS), aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk mencetak laporan daftar mitra Pemerintahan per kabupaten/kota dan daftar mitra Mesjid atau resto per Kecamatan atau Kelurahan Kota Palembang, implementasi sistem baru berupa aplikasi web sebatas dijalankan pada lingkungan lokal pada satu komputer (localhost) dengan memanfaatkan paket XAMPP (Apache, PHP, dan MySQL), fasilitas yang disediakan aplikasi web adalah menyediakan sarana input data mitra dan pencetakan surat perjanjian kerja sama.

References

Wicaksono, R. A., & Djoko Setyabudi S Sos, M. M. (2016). Effect of Consumer Perceptions About Services PT Pos Indonesia and Brand Lift against the interest Reuse Postal Service Express (Pos Indonesia). Interaksi Online, 4(2), 1-11.

Nafarin, M. (2015). Penganggaran Perusahaan. Edisi tiga. Jakarta: Salemba Empat.

Abdul Kadir (2009), Membuat Aplikasi Web dengan PHP + Database MySQL. Andi Offset. Yogyakarta.

Rio Agustian, (2021). Perancangan Aplikasi E-Marketing Menggunakan Responsive Web Design. Published by Universitas Teknokrat Indonesia.

Swastha Basu. (2019). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Yogyakarta.

Robert S. (2010), Software Engineering: A Practitioner’s Approach, McGraw-Hill, New York.

Rosa, A.S dan Salahuddin M. (2011). Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Modula, Bandung.

Published
2022-12-30
Section
Artikel Ilmu Komputer