TATA RUANG KANTOR PENGADILAN NEGERI PALEMBANG KLAS 1A KHUSUS SUB BAGIAN PENGADILAN HUBUNGAN INDUSTRIAL

  • Sunda Ariana Universitas Bina Darma
  • Maliha Maliha Universitas Bina Darma
Keywords: Tata Ruang Kantor, Aktivitas, Kerja

Abstract

Pengelolaan tata ruang kantor adalah suatu kegiatan penataan ruangan dengan sebaik-baik nya untuk memberikan kenyamanan terhadap pegawai dalam melakukan aktivitas kerja di dalam ruangan. Pada kantor Pengadilan Negeri Palembang Klas 1A Khusus sub bagaian Pengadilan Hubungan Industrial (PHI)  penataan ruang masih belum optimal sehingga dalam melakukan aktivitas nya pegawai sering mengalami kendala. Kendala yang dialami diantara nya kurang bebas nya pergerakan pegawai dikarenakan tidak ada jarak antar meja dan lemari, kondisi ruangan yang sempit, suhu udara yang tidak stabil. Suatu ruangn kerja yang baik dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja pegawai. Untuk itu pada kantor Pengadilan Negeri Palembang Klas 1A Khusus perlu mengadakan pengaturan ulang tata ruang kantor dengan cara membuat desain tata ruang kantor yang baru. Tata ruang kantor yang baru harus disesuaikan dengan kondisi ruangan dan kebutuhan pegawai untuk memudahkan pekerjan serta memberikan rasa nyaman dan aman kepada pegawai.

References

N. Halimah, “Pengaruh Semangat Kerja Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Kaliorang Kabupaten Kutai Timur”, eJournal Administrasi Negara, Vol 2, No. 4, 2014.

Sedarmayanti, Manajemen Perkantoran Edisi Pertama, Bandung: Mandar Maju, 2017.

H. Dede, Pengelolaan Tata Letak Ruang Kantor Pada PT. Toyota Tsusho Logistic Center Bekasi, Tugas Akhir, Akademi Sekretaris dan Manajemen BSI Jakarta, 2018.

N. O. Firda, Analisis Tata Ruang Dalam Kenyamanan Kerja dan Optimalisasi Kinerja Bagian Humas dan protokol Sekretariat DPRD Kota Surakarta, 2(3)72-84, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2006.

Published
2022-01-13
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis