PERAN KUALITAS KINERJA FRONT OFFICE DEPARTMENT DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN TAMU DI BATIQA HOTEL PALEMBANG

  • M. Yuda Pratama Universitas Bina Darma
  • Sholahuddin Arsyad Universitas Bina Darma
Keywords: Peran, Front Office, Receptionist

Abstract

Front Office adalah suatu bagian dari Front Office Department yang memiliki peran yang sangat penting dalam hotel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas kinerja Front Office Department dalam meningkatkan kepuasan tamu. Metode penelitian ini diambil dengan cara observasi yang dilakukan selama job training di BATIQA Hotel Palembang. Dari cara Front Office Department dalam meningkatkan kepuasan tamu sebenarnya sudah sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ada di BATIQA Hotel Palembang. Namun masih banyak tamu yang merasa kurang puas atau kecewa atas pelayanan yang diberikan oleh pihak Front Office, banyak tamu yang mengeluh tentang sikap, keramahan, dan kecepatan Receptionist dalam melayani tamu saat hendak check-in ataupun reservasi. Maka dari itu Front Office Department harus meningkatkan kualitas pelayanan secara maksimal.

References

Tjiptono, Fandy dan Diana, Armatavia. 2000. Service, Quality, and Satisfaction. Andi Offset: Yogyakarta.

Lupiyoadi, 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek). Salemba Empat: Jakarta.

Sujatno, Bambang, 2008. Front Office Operations Secret Skills for Five Stars Hotels. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kotler, Philip. 2001. Dasar-Dasar Pemasaran. Penterjemah Hendra Teguh. Intermedia: Jakarta.

Stanton, J.William, 2002. Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Basu Swastha DH dan Irawan, Erlangga, Jakarta.

Surachmad, Winarno. 1998. Pengantar Penelitian Ilmiah. Tarsito: Bandung.

Rikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta: Jakarta.

Budiman Rusli. 2004, Pelayanan Publik di Era Reformasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy. 1996. Strategi Pemasaran. Andi Offset: Yogyakarta.

Yamit, Zulian. 1996. Manajemen Produksi dan Operasi Edisi Pertama. Penerbit Ekonisia Kampus Fakultas Ekonomi UII: Yogyakarta.

Published
2021-06-30
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis