ANALISIS DISIPLIN KERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI BALAI PKB DINAS PERHUBUNGAN OKI

  • Selma Selma Universitas Bina Darma
  • Irwan Septayuda Universitas Bina Darma
Keywords: Disiplin Kerja, Kinerja, Pegawai

Abstract

Disiplin adalah sikap kejiwaan dari seseorang atau sekelompok orang yang senantiasa berkehendak untuk mengikuti ataun mematuhi segala aturan dan keputusan yang telah ditetapkan baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Disiplin dalam melaksanakan pekerjaan sangat penting dilakukan. Tidak hanya menjadikan kinerja lebih baik, disiplin juga membuat kita lebih bertanggung jawab terhadap kualitas layanan terhadap tugas yang kita   kerjakan. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap kualitas layanan terhadap masyarakat. Namun, dimasa sekarang ini pelaksanaan disiplin kerja khususnya pada pegawai masih kurang dan banyak sekali pelanggaran yang masih dilakukan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana disiplin kerja pegawai di kantor Dinas Perhubungan Kabupaten OKI. Metode penelitian yang di  gunakan dalam pengumpulan data  yaitu melalui pengamatan / observasi, wawancara, dan literasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis kualitatif dan deskriptif. Hasil pengamatan dapat disimpulkan bahwa dalam hal disiplin terhadap ketentuan jam kerja masih terlihat  pegawai  yang  datang  terlambat  serta  pulang  sebelum jam  kantor  berakhir.  Mengingat  selama  ini pelanggaran atas ketentuan jam kerja masih banyak ditolerir oleh pimpinan, maka untuk lebih meningkatkan disiplin pegawai selain upaya himbauan-himbauan, perlu upaya yang lebih tegas seperti pemberian sanksi hukuman kepada para pegawai yang melanggar.

References

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sinungan, Muchdarsyah. 2014. Produktivitas Apa dan Bagaimana. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, Malayu S.P. 2016, Manajemen Sumber Daya ManusiaEdisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara.

Harlie, M. 2010. Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Pemerintahan Kabupaten Kabalong Kalimantan Selatan. Jurnal Manajemen dan Akutansi. Vol. 11. No. 2, Oktober 2010. 117-124.

Rivai, Veithzal. 2011. Manajemen Sumber Manusia Untuk Perusahaan dan Teori dan Praktik.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Wijaya, T. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1.PT Indeks, Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2011. Service Quality and Statisfaction. Edisi 3. Andi Offset: Yogyakarta.

Hartatik, Puji Indah. 2014. Buku Praktis Mengembangkan SDM. Yogyakarta: Laksana.

Alex, Nitiseminto. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia, Pustaka Setia, Bandung.

Published
2021-05-03
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis