Whatsapp Resmi Dewa16 SLOT THAILAND https://dewa16.co.uk/ https://bola16.co.uk/ slo16 slot gacor http://siad.dpmd.gorutkab.go.id/ https://journal.binadarma.ac.id/pages/article/deposit-pulsa-tanpa-potongan/ https://stennisflagflyers.com/ https://nanotechinstitute.org/ slot gacor https://hollyvalance.net/ slot gacor deposit pulsa tanpa potongan slot thailand deposit pulsa tanpa potongan slot gacor hari ini slot pulsa slot pulsa https://dewa16.id/ slot gacor slot16 BOLA16 BOLA16 SLOT16 slot gacor deposit pulsa tanpa potongan https://sertifikasi.upy.ac.id/assets/mgacor/ http://103.141.105.92/ slot gacor slot gacor slot gacor slot dana slot gacor slot gacor slot thailand slot pulsa slot kamboja slot gacor https://sibangkodir.bpsdm.jatimprov.go.id/api/gacor deposit pulsa tanpa potongan slot kamboja https://littlebeedesigns.co.uk/ slot gacor maxwinhttps://siakad.stikeslakipadada.ac.id/sgacor/ https://stikeslakipadada.ac.id/gacor slot gacor slot dana deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot pulsa https://ppsdml.bpsdm.dephub.go.id/rames/toto/ https://kejari-sanggau.kejaksaan.go.id/ramestoto/ http://conference.fkm.unand.ac.id/rames/toto/ slot thailand togel online slot gacor slot gacor deposit pulsa tanpa potongan deposit pulsa tanpa potongan slot thailand slot gacor slot thailand deposit pulsa tanpa potongan

ANALISIS KEPUASAN PEMOHON TERHADAP FASILITAS DAN PELAYANAN PADA KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI PALEMBANG

  • Selpi Martiana Universitas Bina Darma
  • Mukran Roni Universitas Bina Darma
Keywords: Kepuasan, Fasilitas, Pelayanan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis kepuasan pemohon terhadap fasilitas dan pelayanan pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif digunakan untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai analisis kepuasan pemohon terhadap fasilitas dan pelayanan pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang. Sampel dalam penelitian adalah pemohon di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang, yang berjumlah 33 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, untuk mengukur analisis kepuasan pemohon terhadap fasilitas dan pelayanan pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palembang. Hasil penelitian didapatkan tangible atau bukti fisik meliputi sarana dan prasarana serta kecanggihan peralatan pelayanan. Reliability (kehandalan) merupakan kemampuan aparatur dalam menyediakan pelayanan yang telah dijanjikan. Responsiveness (daya tangap) merupakan kerelaan penyedia layanan dalam menolong pengguna layanan dan memberikan pelayanan secara cepat. Assurance (jaminan) menilai kualitas pelayanan dengan melihat kemampuan penyedia layanan dalam memberikan pelayanan agar pengguna layanan merasa aman dan dapat percaya kepada aparatur. Emphaty (empati) merupakan kemampuan aparatur dalam memberikan perhatian terhadap pengguna layanan.

References

Asmuji, 2012. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Moenir, 2015. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta. Bumi Aksara.

Lupiyoadi, dkk, 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta. Salemba Empat.

Sinambela, 2014. Reformasi Pelayanan Publik, Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Arifin dan Rahayu, 2011. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Edisi Kedua. Yogyakarta. Konsorsium Rumah Sakit Jateng-DIY.

Attina Firdausy , 2018. Kualitas Pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya (Studi Deskriptif Kualitas Pelayanan Pada Unit Layanan Paspor Maspion Square). Jurnal. Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Mita Widyastuti dan Irawati, 2017. Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Kelas III Kota Bekasi. Jurnal AKP, Vol. 6 No. 2.

Rahayu, Warsono, Yuniningsih, 2016. Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Paspor Pada Kantor Imigrasi Kelas I Semarang. Jurnal. Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Hardiyansah, 2011. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta. Pembaruan.

Rahmayanty, 2010. Reformasi Administrasi Publik, Reformasi dan Kepemimpinan Masa Depan. Bandung. Refika Aditama.

Published
2021-07-04
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis