PROSEDUR DALAM PENGADAAN BARANG PADA HOTEL BINA DARMA PALEMBANG

  • Dina Mellita Universitas Bina Darma
  • Novi Palwasari Universitas Bina Darma
Keywords: Purchasing Department, Store Department, Prosedur

Abstract

Dalam memenuhi kebutuhan operasional hotel Bina Darma Palembang tentu membutuhkan departemen purchasing yang berwenang untuk melakukan prosedur dalam pengadaan barang untuk keperluan hotel yang akan memudahkan proses operasional hotel. Dengan adanya pembelian barangĀ  hotel menyediakan gudang sebagai tempat menyimpan semua barang hotel yang dipegang oleh storage department. Stroge departement khususnya receiver bertugas menerima barang pesanan dari purchasing pembelian merupakan salah satu fungsi yang penting dalam berhasilnya operasi suatu perusahaan. Fungsi ini dibebani tanggung jawab untuk mendapatkan kuantitas dan kualitas bahan-bahan yang tersedia pada waktu dibutuhkan dengan harga yang sesuai dan dengan harga yang berlaku. Pengawasan perlu dilakukan terhadap pelaksanaan fungsi ini, kerena pembelianmenyangkut investasi dana dalam persediaan dan kelancaran arus bahan kedalam hotel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan penilaian terhadap Prosedur Pengadaan Barang Pada Hotel Bina Darma Palembang. Pengambilan data dengan menggunakan obeservasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur dalam pengadaan barang dalam purchasing untuk peningkatan kualitas pelayanan yang sudah benar.

References

[1] A.S Moenir, 1992. Manajemen pelayanan Umum Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara
[2] Indrajit, Richardus Eko. dan Dkk. (2002) Konsep Manajemen Suppy Chain Cara Baru Memandang Mata Rantai Penyediaan Barang. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
[3] Mulyadi. 2013. Sistem Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat
[4] Suarsana, n. (2007). Siklus pengadaan barang: aplikasi di perhotelan dan restoran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Published
2020-08-25
Section
Artikel Ekonomi & Bisnis