ANALISIS KINERJA RUAS JALAN AKIBAT PEMBANGUNAN SALURAN U DITCH DAN PRESERVASI JALAN PADA KAWASAN JALAN SOEKARNO-HATTA KOTA PALEMBANG

  • Farolan Suganda Universitas Bina Darma
  • Farlin Rosyad Universitas Bina Darma
Keywords: Preservasi jalan dan saluran U Ditch, Ruas jalan, Volume lalu lintas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja ruas jalan Soekarno-Hatta
Palembang setelah kontruksi preservasi jalan dan pembangunan saluran U Ditch. Penelitian ini penting
dilakukan untuk membantu perkembangan pemahaman terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi lalu
lintas terutama preservasi jalan di Soekarno-Hatta dari pemerintah. Proses pengambil data dalam
penelitian menggunakan motode survey selama 12 jam perhari untuk satu minggu. Survey dilakukan
secara langsung pada lokasi pembangunan. Analisis data yang dilakukan meliputi analisis kinerja ruas
jalan tersebut yaitu kapasitas ruas jalan, Analisis hambatan samping, Analisis derajat kejenuhan (DJ).
Hasil analisis bangkitan dalam satu hari di jam sibuk pada segmen3 yang diakibatkan preservasi jalan
tersebut sebesar 18.550 kend/jam dan 15.030,7 skr/jam. Nilai derajat kejenuhan (DJ) yang diperoleh
berdasarkan pengamatan pada jalan Soekarno-Hatta sebesar 0,77. Sehingga dapat disimpulkan bawha
kontruksi preservasi jalan dan pembangunan saluran U Ditch pada jalan Soekarno-Hatta mempengaruhi
volume lalu lintas menjadi tinggi.

Author Biographies

Farolan Suganda, Universitas Bina Darma

teknik sipil

Farlin Rosyad, Universitas Bina Darma

teknik sipil

Published
2022-12-10