ANALISA PERSIMPANGAN EMPAT BERSINYAL DI JL. TEGAL BINANGUN PLAJU DARAT PALEMBANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja persimpangan empat bersinyal di Jl.Tegal Binangun Plaju darat Palembang sesuai dengan standar Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014. Data penelitian ini berupa data Primer dan data Sekunder. Data primer merupakan data yang diperoleh langsung dari survey lapangan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari data Geometrik jalan Sakter,Metropolitan (PU) Bina Marga Sumatera Selatan. Hasil Penelitian ini menyimpulkan bahawa Volume kendaraan terbanyak di jam puncak adalah di persimpangan Jl.M.H.Noerdin Pandji 2 sebesar 1466 kend/jam dan 939,7 skr/jam.
Dengan derajat jenuh sebesar 0,64 serta dengan panjang antrian sepanjang 168m dengan waktu tunda 43 detik. Faktor – faktor yang mempengharui dari kinerja persimpangan ini adalah (a) adanya konflik antar pengendara (b) adanya kerusakan jalan (c) dan adanya pengendara yang sering menerobos lampu merah.