ANALISIS KERUSAKAN JALAN FLEXIBLE PAVEMENT PADA RUAS JALAN R.E. MARTADINATA KOTA PALEMBANG

  • Tommy Meiriansyah Universitas Bina Darma
  • Firdaus Firdaus Universitas Bina Darma
Keywords: Pavement Condition Index (PCI), Kerusakan, jalan

Abstract

Jalan adalah prasarana yang sangat penting dalam mendukung laju perekonomian serta berperan sangat besar dalam kemajuan dan perkembangan suatu daerah. Kerusakan pada jalan menimbulkan banyak kerugian yang dapat dirasakan oleh pengguna secara langsung, oleh karena itu sudah pasti akan menghambat laju dan kenyamanan pengguna jalan serta menimbulkan korban akibat dari kerusakan jalan yang tidak segera ditangani oleh instansi yang berwenang. Infrastruktur yang terbebani oleh volume lalu lintas yang tinggi dan berulang akan mengakibatkan penurunan kualitas jalan, baik kondisi struktural maupun fungsional. Pengamatan yang dilakukan pada R.E. Martadinata yang merupakan jalan kota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengklasifikasikan jenis dan menentukan tingkat kerusakan jalan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI). Dari hasi penelitian ditemukan 5 jenis kerusakan seperti Retak Kulit Buaya (32,0 %), Lubang (20,0 %), Pelepasan Butiran (8,0 %), Tambalan (32,0 %), Retak Tepi (8,0 %). Hasil analisis data diperoleh tingkat kerusakan pada Ruas Jalan R.E. Martadinata STA 0 + 000 – STA 1 + 950 adalah sangat baik, dengan nilai PCI Keseluruhan 76,15. Dari perhitungan masing-masing unit sampel per 100 m.

Author Biographies

Tommy Meiriansyah, Universitas Bina Darma

teknik sipil

Firdaus Firdaus, Universitas Bina Darma

teknikk sipil

Published
2021-10-21