ANALISA KAPASITAS DAN WAKTU PELAYANAN PADA GEBANG TOL KERAMASAN PALEMBANG – KAYU AGU

  • Dicky Imansyah Universitas Bina Darma
  • Farlin Rosyad Universitas Bina Darma
Keywords: Panjang Antrian, Waktu Pelayanan, Volume Kendaraan

Abstract

Jalan tol adalah jalan bebas hambatan kendaraan yang akan dikenakan kewajiban untuk membayar tol sesuai dengan jarak yang ditempuhnya. Pada suatu sistem jaringan jalan tol hambatan atau kemacetan sering terjadi di pintu gerbang keluar/masuk, khususnya pada arah yang menghadapi pelayanan pembayaran tol. Oleh sebab itu penggunaan jalan tol perlu mendapatkan pelayanan yang baik. Penelitian ini dilakukan pada gerbang tol Keramasan Palembang – Kayu Agung. Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa kapasitas dan waktu pelayanan pada gerbang tol Keramasan. Data penelitian didapat dan diolah sehingga didapatkan volume kendaraan tertinggi pada gerbang tol keramasan pukul 16.00 – 19.00 WIB dengan jumlah volume kendaraan pada gerbang Entrance 180, 227, 283 kendaraan/jam dan pada gerbang Exit sebesar 285, 350, 410 kendaraan/jam. Sedangkan untuk waktu pelayanan (service time) didapatkan pada hasil penelitian di gerbang Entrance yaitu 1,67 dan 1,47 detik dan pada gerbang Exit yaitu 1,71 dan 1,60 dan untuk panjang antiran pada gerbang tol keramasan rata – rata berjumlah 7 kendaraan pergardu. Dan semuanya memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) pada gerbang tol Keramasan.

Author Biographies

Dicky Imansyah, Universitas Bina Darma

Jalan tol adalah jalan bebas hambatan kendaraan yang akan dikenakan kewajiban untuk membayar tol sesuai dengan jarak yang ditempuhnya. Pada suatu sistem jaringan jalan tol hambatan atau kemacetan sering terjadi di pintu gerbang keluar/masuk, khususnya pada arah yang menghadapi pelayanan pembayaran tol. Oleh sebab itu penggunaan jalan tol perlu mendapatkan pelayanan yang baik. Penelitian ini dilakukan pada gerbang tol Keramasan Palembang – Kayu Agung. Tugas akhir ini bertujuan untuk menganalisa kapasitas dan waktu pelayanan pada gerbang tol Keramasan. Data penelitian didapat dan diolah sehingga didapatkan volume kendaraan tertinggi pada gerbang tol keramasan pukul 16.00 – 19.00 WIB dengan jumlah volume kendaraan pada gerbang Entrance 180, 227, 283 kendaraan/jam dan pada gerbang Exit sebesar 285, 350, 410 kendaraan/jam. Sedangkan untuk waktu pelayanan (service time) didapatkan pada hasil penelitian di gerbang Entrance yaitu 1,67 dan 1,47 detik dan pada gerbang Exit yaitu 1,71 dan 1,60 dan untuk panjang antiran pada gerbang tol keramasan rata – rata berjumlah 7 kendaraan pergardu. Dan semuanya memenuhi Standar Pelayanan Minimum (SPM) pada gerbang tol Keramasan.

Farlin Rosyad, Universitas Bina Darma

teknik sipil

Published
2021-10-21