Pengaruh Lingkungan Fisik terhadap Minat Belajar Mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang

  • eni juita Br.Aritonang Universitas Bina Darma
  • CH.DESI KUSMINDARI Universitas Bina Darma
Keywords: lingkungan fisik, pencahayaan, suhu, kebisingan, minat belajar

Abstract

Salah satu input yang memegang peranan penting dalam pencapaian produktivitas suatu perguruan tinggi adalah peserta didik yang terlibat dalam proses belajar mengajar dalam ruangan kelas. Untuk itu perlu dilakukan pengukuran lingkungan fisik guna mengetahui apakah ruangan yang dipakai sudah memenuhi standar Permenkes dan masuk dalam kategori baik. Dari hasil pengukuran dapat dianalisa bahwa perbandingan variabel yang diukur dengan Permenkes No. 70 tahun 2016 pada Kampus Utama sudah memenuhi standar, pada Kampus C Universitas Bina Darma Palembang diperoleh nilai pencahayaan yang masih belum memenuhi standar yaitu 162.4≤200 Lux, untuk pengukuran suhu dan kebisingan sudah memenuhi standar. Hasil kuesioner yang dikumpulkan dari 184 responden selanjutnya di klasifikasikan dengan skor audit yang menunjukkan bahwa pencahayaan, suhu dan kebisingan di termasuk dalam kategori sangat baik sedangkan di kampus C variabel pencahayaan termasuk dalam kategori kurang baik karena berada pada interval 41% - 60%, variabel suhu termasuk dalam kategori baik dan kebisingan termasuk dalam kategori sangat baik. Dan dari uji R dengan SPSS di hasilkan besaran variasi variabel dependent yang dipengaruhi oleh variabel independent adalah sebesar 0.290 x 100% = 29% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa masih terdapat faktor lain yang mempengaruhi minat belajar mahasiswa.

Author Biographies

eni juita Br.Aritonang, Universitas Bina Darma

Teknik industri

CH.DESI KUSMINDARI, Universitas Bina Darma

TEKNIK INDUSTRI

Published
2021-10-19