Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Paytren Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghitung tingkat kepuasan pengguna aplikasi Paytren. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 responden, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel Random. Metode analisis data yang digunakan dalah metode analisis kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Dari pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan Uji T. Dari pengujian hipotesis tersebut diperoleh persamaan regresi : Y = 0,235 X1 – 0,018 X2 + 0,034 X3 + 0,0437 X4 + 0,324 X5 Dimana variabel kepuasan (Y), Isi (X1), Akurasi (X2), Bentuk (X3), Kemudahan (X4), dan ketepatan waktu (X5). Pengujian hipotesis menggunakan Uji T menunjukan bahwa dari kelima variabel independen yang diteliti tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel kepuasan (Y), yaitu variabel isi, kemudahan, dan ketepatan waktu. Kemudian melalui Uji F dapat diketahui bahwa variabel isi, akurasi, bentuk, kemudahan dan ketepatan waktu secara bersama-sama terbukuti berpengaruh terhadap variabel kepuasan.
References
Agustina, M. (2006). Mengukur Tingkat Kepuasan Pemakai Website Universitas Bina Darma Menggunakan Pendekatan Model Kepuasan Pemakai Akhir Komputer.
Anesa, K., Zulhendra, Z., & Kurniadi, D. (2017). Analisa Kepuasan Pengguna Aplikasi E-Xamp Editor Sebagai Aplikasi Ujian Sekolah Berbasis Komputer Di Smkn 3 Pariaman Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs) Yang Diperluas. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, 5(2).
Champion dan AA.K. Baila. menyatakan bahwa sampel cukup valid untuk dianalisa secara statistik sedikitnya diperlukan 30 sampel dan 100 responden (Manase malo:268)
Dewa, R., Mazalisa, Z., & Putra, A. (2016). Analisis Kepuasan Pengunaan Terhadap Portal Program Studi Informatika Menggunakan Eucs (End User Computing Satisfaction).
Safaat, H. Nazrudin, 2012.Perangkat lunak aplikasi ialah suatu sub kelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.