ANALISIS IT SERVICE MANAGEMENT (ITSM) LAYANAN SISFO UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3
Abstract
Universitas Bina Darma Palembang memanfaatkan TI dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan SISFO. Penelitian ini menggunakan framework ITIL V3 domain service operation yang bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan pada kondisi perusahaan saat ini. Domain service operation memiliki lima sub-domain yaitu event management, incident management, request fulfillment, problem management dan access management. Hasil penelitian pada variabel event management menghasilkan tingkat kematangan 2,84 dari responden pengguna dan 3,2 dari responden Departemen STI, incident management menghasilkan tingkat kematangan 2,79 dari responden pengguna dan 2,67 dari responden Departemen, request fulfillment menghasilkan tingkat kematangan 2,91 dari responden pengguna dan 3,09 dari responden Departemen STI, problem management menghasilkan tingkat kematangan 2,72 dari responden pengguna dan 2,75 dari responden Departemen STI, sedangkan access management menghasilkan tingkat kematangan 3,00 dari responden pengguna dan 3,33 dari responden Departemen STI.