ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP DATA TWEET LAZADA MENGGUNAKAN TEXT MINING DAN ALGORITMA NAIVE BAYES CLASSIFIER
Abstract
Lazada adalah pusat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk menjamin kenyamanan konsumen ketika konsumen browsing produk yang sedang dicari dan juga menjamin opsi pembayaran yang aman. Twitter merupakan salah satu media sosial paling populer di Indonesia Sebagian besar pengguna Twitter juga memanfaatkan media sosial ini untuk menemukan pelaku bisnis, dimana mereka akan menjadi pengikut (followers) dan berinteraksi dengan pelaku bisnis. Pengumpulan data tweet dari Twitter dapat dilakukan dengan mengintegrasikan Twitter API dan Rapid miner. Metode analisis data yang dipakai untuk
melakukan menganalisis sentimen masyarakat dalam tweet Lazada dengan menggunakan algoritma Naïve bayes classifer. Hasilnya analisis sentimen masyarakat terhadap data tweet lazada indonesia menggunakan text mining dengan algoritma naïve-bayes classifier jika Terbukti bahwa menunjukan hasil yang signifikan terhadap analisis sentimen dengan tingkat akurasi sebesar 98,29%.