SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENILAIAN KINERJA GURU DALAM PROSES KEGIATAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE 360 DEGREE
Abstract
SMA Negeri 1 Penukal memiliki 27 orang guru yang berkewajiban untuk dapat meningkatkan kinerja mereka agar dapat menghasilkan output siswa yang berkualitas dan mencapai visi dan misi sekolah. Agar dapat mencapai tujuan tersebut diperlukan terobosan yang bertujuan memaksimalkan peran guru dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya yakni mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih menilai dan mengevaluasi anak didik. Untuk menentukan penilaian guru berprestasi di SMA ini dilakukan dengan cara menyebarkan angket atau formulir penilaian yang ditujukan kepada siswa, guru sejawat, wakil kepala sekolah dan kepala sekolah. Penilai dapat memberikan penilaiannya terhadap peserta dengan melihat data-data yang sebelumnya telah diiputkan. Adapun aspek-aspek penilaian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Penukal antara lain : 1) Pedagogik 2) Kepribadian; 3) Sosial; dan 4) Profesional. Proses penilaiannya dilakukan selama 3 bulan sekali dan hasil dari penilaian tersebut dikumpul dan dihitung dengan cara manual. Metode perhitungan yang digunakan yaitu Metode 360 derajat merupakan metode dengan penilaian melingkar, sesuatu bisa dinilai berdasarkan penilaian semua faktor yang mempengaruhinya. Hasil dari penelitian dengan menerapkan metode degrees pemilihan guru berprestasi ini membantu pihak SMA Negeri 1 Penukal di dalam proses penilaian terhadap guru dengan menggunakan kriteria-kriteria yang sudah ditentukan sebelumnya dalam proses penilaian kinerja guru.