ANALISIS FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN INTERNET UNTUK MERANGSANG INOVASI, KREATIVITAS DALAM RUMAH TANGGA
Abstract
internet adalah interconnection networking dapat diartikan sebagai a global network of computer networks. Variabel yang mempengaruhi ibu rumah tangga dalam menggunakan internet terdapat empat (4) variabel yaitu informasi, kesenangan, komunikasi dan transaksi. Keempat variabel tersebut merupakan variabel bebas. Sedangkan variabel terikatnya adalah attitude atau perilaku ibu rumah tangga di dalam menggunakan media internet untuk merangsang inovasi dan kreativitasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana internet dapat merangsang inovasi dan kreativitas ibu rumah tangga kecamatan seberang ulu II dalam memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang. Berdasarkan hasil analisis menggunakan 4 variabel tersebut kita bisa mengetahui cenderung untuk apa media internet seperti laptop, smartphone, tv dll digunakan ibu rumah tangga dalam kegiatan sehari – harinya dan hasil analisi setiap variabelnya adalah informasi sebesar 0,078, kesenangan sebesar 0,252, komunikasi sebesar 0.087, dan transaksi sebesar 0,166. Semua variabel X berpengaruh terhadap variabel Y. Yang paling berpengaruh terhadap attitude ibu rumah tangga yaitu variabel kesenagan. kemudian dengan hasil dari penelitian di sosialisasikan pada ibu rumah tangga di kecamatan seberang ulu II.