EVALUASI USER EXPERIENCE DENGAN MENGADAPTASI MECUE QUESTIONNAIRE PADA APLIKASI DANA DAN OVO PAYMENT
Abstract
OVO dan DANA merupakan aplikasi sebagai penyedia layanan yang mewadahi penyaluran alternatif pembayaran secara online untuk segala macam transaksi secara daring. Banyaknya pengguna sebuah produk atau aplikasi, tentu tidak menjamin kepuasan user experience dari sebuah aplikasi. Framework meCUE Questionnaire yaitu sebuah kerangka kerja yang digunakan dalam proses evaluasi suatu UX sebuah website atau aplikasi. meCUE Questionnaire layak digunakan pada seluruh jenis penilaian User experience terhadap satu atau beberapa sistem yang interaktif serta terpercaya untuk menganalogikan sebuah beragam produk serta memeriksa berbagai perubahan pengalaman terhadap desain pada penggunaan dalam waktu yang lama. Penelitian ini bertujun untuk melakukan evaluasi user experience terhadap aplikasi tersebut dengan metode meCUE questionnaire agar dapat mengetahui apakah user experience telah dirasa baik atau tidak, dan dari aspek mana yang menyebabkan user experience dirasa masih kurang baik. meCUE questionnaire terdiri dari 4 modul, yakni Modul I (product perceptions), Modul II (user emotions), Modul III (consequences of use) dan Modul IV (overall evaluation) dengan jumlah 34 item pernyataan sebelum di validasi.