APLIKASI KATALOG RUMAH DIGITAL BERBASIS AUGMANTED REALITY MENGGUNAKAN METODE MARKER BASED
Abstract
Brosur adalah cetakan kertas yang berisi informasi mengenai produk, seperti gambar, ukuran, harga dan lain-lain. Objek penelitian dilakukan pada model rumah yang diterapkan dengan brosur konsumen dapat melihat harga dan informasi seputar produk yang dipasarkan dengan mudah, dimana biasanya brosur dibagikan kepada orang-orang sebagai media promosi. Namun sejauh ini promosi melalui media terkhusus yakni media brosur yang dibagikan kepada calon pembeli hanya menampilkan gambaran suatu produk tersebut dalam bentu 2D. Aplikasi brosur Augmented Reality (AR) adalah sebuah aplikasi pemasaran menggunakan simulasi virtual dalam bentuk 3D, dengan memanfaatkan teknologi Augmented reality (AR), miniatur rumah yang digunakan untuk menampilkan contoh perumahan dapat digantikan dengan perumahan 3D yang secara virtual menggunakan smartphone yang dimiliki oleh user, sehingga perusahaan properti bisa menghemat uang pengeluaran untuk membuat miniatur, karena perusahaan tidak perlu lagi membeli atau membuat miniatur-miniatur rumah dan menggantinya dengan sistem informasi digital marketing yang dilengkapi dengan fitur Augmented Reality (AR) hal ini selaras dengan penelitian ini, dimana media promosi menggunakan 3D dan objek menjadi terkesan seperti nyata. Penelitian ini bertujuan menghasilkan menerapkan teknologi dalam bentuk 3D dengan metode marker based.