ANALISIS KUALITAS LAYANAN E-GOVERNMENT METODE E-GOVQUAL(STUDI KASUS:DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KABUPATENMUARA ENIM)
Abstract
Website Pemerintah Kabupaten Muara Enim merupakan salah satu implementasi dari E-Government yang meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat melalui E-Government, sehingga diperlukan feedback dari pihak Pemkab Muara Enim yaitu dengan menganalisa kualitas layanan website Kabupaten Muara Enim pada persepsi pengguna akhir. Yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. Metode ini dilakukan untuk menentukan nilai variabel bebas, baik satu atau lebih variable (bebas) tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengan variabel lain. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam tugas akhir ini ada tiga teknik pengumpulan data yaitu Kuesioner, Wawancara dan Observasi. Hasil Uji Validitas 110 responden menunjukkan nilai valid yaitu semua item indikator variabel, melebihi RTabel, RHitung RTabel (0,1562) Hasil dari uji reliabilitas menunjukkan nilai yang cukup reliable atau konsisten pada masing-masing variable yaitu efisiensi 0,581, kepercayaan 0,562, reliabilitas 0,605 dan dukungan warga 1000. Nilai MSA pada atribut variabel menunjukkan nilai yang cukup baik karena nilai MSA yang diperoleh atribut adalah 0,6. Hasil uji CFA pada keempat variabel efisiensi, kepercayaan, reliabilitas dandukungan warga menunjukkan nilai 0,5, hal ini membuktikan bahwa keempat variable terpenuhi oleh jumlah sampel dalam analisis CFA. Website harus lebih update dan memudahkan pengguna dalam mencari informasi penting. Dukungan Warga: Ketersediaan menu FAQ (Pertanyaan Jawaban Favorit) dan Ketersediaan Halaman Bantuan Kepercayaan: Ketersediaan menu Keamanan dan Privasi di situsweb.