ANALISIS KINERJA APLIKASI KAI ACCESS MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE CURVE
Abstract
Pemesanan dan pencarian jadwal perjalanan Kereta Api dapat dilakukan melalui aplikasi KAI Access menggunakan smartphone yang dapat diunduh secara gratis di playstore dan appstore. Penelitian ini menggunakan metode UX curve dapat menangkap setiap perubahan berdasarkan pengalaman pengguna dan mengamati loyalitas pengguna. Pada Penelitian ini terdapat beberapa aspek dalam penggunaan metode user experience curve atau UX Curve, seperti general UX, attractiveness, ease of use, utility dan Degree of usage. Pembahasan menunjukkan bahwa dari data yang diperoleh dari 20 responden ini bersifat kualitatif berbentuk kurva berdasarkan jawaban dari responden 5 pertanyaan untuk variabel mengenai kualitatif berbentuk General UX, Attractiveness, Ease-of-Use, Utility, dan Degree of Usage dan kurva tersebut akan digabungkan menjadi satu di setiap aspek. Dari hasil penelitian dapat membantu pihak KAI untuk mengetahui pengalaman pengguna dalam penggunaan aplikasi KAI Access; hasil analisa dapat membantu pihak KAI mendapatkan informasi penggunaan aplikasi KAI Access untuk memperbaiki kekurangannya, hasil rata-rata dari pengukuran menggunakan UX Curve menunjukan performa yang baik.