Perancangan Wireframe User Interface Semesta Baca Menggunakan Figma

Designing a Wireframe User Interface for Semesta Baca Using Figma

  • Bagoes Dharma Jaya Universitas Bina Darma
  • Eka Puji Agustini Universitas Bina Darma
Keywords: Perancangan, perancangaan menggunakan figma, perancangaan user interface, user interface

Abstract

Membaca merupakan kegiatan sehari-hari yang sadar maupun tidak sadar kita melakukannya setiap hari. Membaca sudah menjadi darah daging bagi masyarakat di dunia, dengan membaca semua orang bisa mendapatkan ilmu, rasa gembira, memenuhi rasa ingin tahu, dan menyelesaikan masalah hanya dengan membaca. Di zaman yang sudah modern ini sudah banyak orang yang menginginkan bahan bacaan yang mudah didapat dan dapat diakses di mana saja. Karena tiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda. Tujuan membuat user interface pada Semesta Baca ini agar pihak front-end maupun back-end mendapat gambaran awal bagaimana bentuk aplikasi mereka yang akan mereka bangun nantinya. Tampilan awal ini nantinya diharapkan dapat memudahkan bagi programmer dalam membangun aplikasi Semesta Baca nantinya. Dalam pembuatan user interface ini juga menggunakan metode agile dalam ranka kerjanya, dengan demikian proses yang dibuat bisa dimodifikasi kapaun pun dan di mana pun dibutuhkan. Dengan perancangan user interface ini diharapkan dapat membuat pengalaman pengguna menjadi berkesan dan puas saat menggunakannya. Dalam memenuhi tujuan untuk membuat rancangan user interface agar dapat diimplementasikan ke aplikasinya suatu saat nanti agar dapat meningkatkan minat baca masyarak Indonesia. Dalam membuat user interface penulis menggunakan aplikasi bernama Figma dalam membangun tampilan mulai dari menu pendaftaran/masuk ke website, sampai menu tampilan isi dari cerita yang akan ditampilkan nantinya.

Published
2022-11-18