USABILITY TESTING UNTUK MENGUKUR KEPUASAAN PENGGUNA WEBSITE MAILO STORE
Abstract
Perkembangan teknologi pada era globalisasi saat ini tidak dapt di hindari, dengan kemajuan yang semakin pesat menjadi teknologi sebagai media informasi yang begitu sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Mailo store merupakan salah satu umkm yang telah menggunakan website dan internet sebagai media penyimpanan informasi mereka kepada masyarakat luas, maka dari itu sangat diperlukan evaluasi untuk mengukur kemudahan pengguna website bagi pemakainya menggunakan Pengujian Kebergunaan (Usability Testing) memiliki 8 variabel yaitu dipelajari (learnability), Efisiensi (efficiency), Mudah diingat (memorability), Kesalahan dan keamanan (errors), Mudah dipahami (Understandability), Mudah dioperasian (Operability), menarik perhatian pengguna (Atractiveness), Kepuasan (satisfaction). Data penelitian ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 109 responden dengan menggunakan teknik sampel randon sampling. Selanjutnya data yang diperoleh diolah menggunakan software SPSS versi 25. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisa kuantitatif dengan menggunakan uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penilaian metode usability testing ini akan berguna untuk keberlangsungan dan perkembangan situs website mailo store kedepanya agar kebih baik lagi.