ANALISIS KUALITAS APLIKASI MOBILE KAI ACCESS DENGAN METODE DELONE DAN MCLEAN
Abstract
PT Kereta Api Indonesia (Persero) badan usaha milik negara Indonesia yang menyelenggarkan jasa angkutan barang dan penumpang kereta api. PT Kereta Api mempunyai aplikasi KAI Access untuk pemesanan tiket kereta api secara online, Aplikasi KAI Access satu-satunya aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero). Dalam penelitian ini penulis pertujuan untuk mengetahui kualitas aplikasi KAI Access dengan menggunaka metode Delone dan Mclean yaitu: Kualitas Informasi (Information Quality), Kualitas Sistem (System Quality), Kualitas Pelayanan (Service Quality), Intensi Memakai (Intention To Use), Kepuasan Pemakai (User Satisfaction), dan Manfaat Bersih (Net Benefits). Dengan metode ini mengetahui bagaimana penilaian masyarakat dan pegawai PT KAI yang menggunakan aplikasi KAI Access untuk mengetahui bagaimanan kualitas dari aplikasi KAI Access yang ada di kota Palembang. Populasi dan sampel pada penelitian ini merupakan pengguna aplikasi KAI Access yang ada di kota Palembang. Data penelitian menggunakan instrument berupa kuesioner dan diolah dengan menggunakan software Statistical Product and Service Solution (SPSS).